Truk Sampah Tak akan Beroperasi di Siang Hari, DLH Revisi Jadwal Pengangkutan

Senin, 17 Agustus 2020 13:50
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Masyarakat Kota Makassar tidak akan menjumpai lagi truk sampah pada siang hari. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan memindahkan jadwal pengangkutan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Plt Kepala DLH Kota Makassar, Iskandar, mengatakan, perubahan jadwal itu merupakan tindak lanjut dari instruksi Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin. Di mana Rudy menginginkan perubahan jam.

“Kalau kemarin instruksinya, jadwal dimulai malam hari dan tuntas pembuangannya sampai jam 05.00 WITA agar tidak ada mobil sampah pada siang hari,” ujarnya saat dihubungi, Senin (17/8/2020).

Untuk itu, pihaknya akan segera melakukan pertemuan dengan Kepala Seksi kebersihan setiap kecamatan untuk menyamakan persepsi. Hal itu dilakukan agar tak terjadi tumpang tindih penjemputan sampah di lokasi TPA.

“Nanti dari hasil rapat lalu mengusulkan jadwal penjemputan dan pembuangan agar tidak bersamaan membuang di TPA yang bisa memacetkan jalur lalu lintas,” ujar Iskandar.

Saat ini, jadwal pengangkutan sampah Kota Makassar dimulai dari pukul 17.00 hingga 21.00 WITA. Namun, ini justru mendapat sorotan dari Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin.

Menurut Rudy, masih banyak mobil sampah yang berkendara di jam-jam saat warga sibuk beraktivitas. Ini dinilai justru dapat menggangu mereka karena bau dari sampah itu.

“Kita pertajam jadwalnya, kalau kalau pagi itu masih banyak mobil sampai sementara orang-orang sudah beraktivitas,” pungkasnya. (ikbal/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI