Sematkan Satya Lencana Pancawarsa II ke Andi Sudirman, Gubernur Sulsel Sanjung Wagub

Selasa, 18 Agustus 2020 17:43

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menghadiri Apel Besar ke 59 Tahun Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sulawesi Selatan.

Apel untuk memperingati Hari Pramuka ke-59 tahun itu berlangsung di Lapangan Upacara Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Selasa (18/8/2020).

Pada kesempatan itu, Andi Sudirman Sulaiman yang juga sebagai Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Sulsel menerima Piagam Tanda Penghargaan Lencana Pancawarsa II atas Limpahan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulsel.

Satya Lencana disematkan oleh Gubernur Sulsel, yang juga selaku, Ketua Mabida Gerakan Pramuka Sulsel, Nurdin Abdullah.

Ketua Harian Kwarda Gerakan Pramuka Sulsel, Haris Yasin Limpo menyampaikan laporan perkembangan Pramuka di Sulawesi Selatan.

Tema hari pramuka ke-59 tahun 2020, kata dia, “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara,” ujarnya.

“Gerakan Pramuka untuk ikut peran Pemerintah dan membantu masyarakat dalam mencegah dan menanggulangi Covid-19,” ungkapnya.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, menetapkan bulan Agustus menjadi bulan bakti Nasional. Seperti dengan aksi donor darah untuk membantu ketersediaan darah.

Disela-sela, dilakukan peresmian “Tamalatea : Jurnal Pramuka Indonesia” berisi tulisan hasil penelitian, review penelitian, pemikiran berupa ide atau gagasan dalam lingkup pengembangan kepramukaan yang akan terbit dua kali dalam setahun.

Dirinya berharap, Sulsel menjadi episentrum lahirnya ide dan gagasan cemerlang bagi kepramukaan.

Ketua Mabida Gerakan Pramuka Sulsel, Nurdin Abdullah bertindak selaku Pembina Apel. Ia membacakan sambutan ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso.

Tema dalam Hari Pramuka ini, kata dia, “merupakan perwujudan dan semangat pramuka, untuk membantu menanggulangi covid-19 yang saat ini masih menjadi masalah besar di Indonesia bahkan di Dunia,” tuturnya.

Komentar