Demi Kualitas Layanan Masyarakat, Pemkot Makassar Gandeng BSN Gelar Knowledge Sharing

Rabu, 26 Agustus 2020 10:34
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai penerapan standar khususnya standar sistem manajemen mutu yang berbasis SNI ISO 9001:2015 bagi organisasi perangkat daerah di lingkungan Kota Makassar, Kantor Layanan Teknis BSN Sulawesi Selatan dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Makassar mengadakan kegiatan knowledge sharing secara daring.

Sharing ini menghadirkan berbagai OPD termasuk didalamnya dinas-dinas serta balai dan laboratorium di lingkungan Kota Makassar khususnya dan Sulawesi Selatan pada umumnya, pada Selasa (25/08/2020).

Kegiatan ini bertujuan sebagai wadah diskusi dan untuk memberikan pemahaman bagi OPD dalam menerapkan Sistem Manajemen Mutu, yang diharapkan akan mendorong peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan sehingga dapat mencapai kepuasan pelanggan/ pengguna layanan.

Kegiatan ini dihadiri lebih dari 80 orang peserta, yang berasal dari berbagai dinas serta balai dan laboratorium di wilayah Kota Makassar dan Sulawesi Selatan. Acara ini diawali dengan pembukaan oleh Dr. Zakiyah, MM selaku Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN.

Dalam paparannya ia menyampaikan bahwa salah satu tugas negara diantaranya yaitu melayani masyarakat dalam hal pemenuhan hak dan kebutuhan dasarnya, membangun kepercayaan atas pelayanan publik yang dilakukan dan meningkatkan kualitas layanan.

Sejalan dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik serta turunannya yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2012, Standar Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001:2015 juga memiliki fokus dalam kualitas layanan atau jasa yang diberikan penyelenggara pelayanan publik kepada pelanggan dalam hal ini warga atau masyarakat.

Sesuai dengan model QMS (Quality Management System), konsep PDCA (Plan-Do-Check-Action) dilakukan organisasi untuk melakukan perencanaan serta menjalankan fungsi layanan dengan memperhatikan kualitas, menilai kualitas pelayanan yang telah dilakukan dan melakukan perbaikan yang berkesinambungan guna meningkatkan kepuasan pengguna layanan.

Komentar

VIDEO TERKINI