Demi Kualitas Layanan Masyarakat, Pemkot Makassar Gandeng BSN Gelar Knowledge Sharing

  • Bagikan

Sesuai dengan model QMS (Quality Management System), konsep PDCA (Plan-Do-Check-Action) dilakukan organisasi untuk melakukan perencanaan serta menjalankan fungsi layanan dengan memperhatikan kualitas, menilai kualitas pelayanan yang telah dilakukan dan melakukan perbaikan yang berkesinambungan guna meningkatkan kepuasan pengguna layanan.

Selain itu, dijelaskan pula bahwa Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001, khususnya dalam penerapan di lingkungan Pemerintah Daerah secara rinci pedomannya dapat dilihat di ISO 18091:2014.

"Dimana standar ini bertujuan untuk membantu pemerintah mencapai misi sebagai penyedia produk/jasa atau penyelenggara pelayanan publik yang baik dengan dilakukannya diagnostik integral untuk memahami posisi organisasi dalam mendukung sektor pembangunan, ekonomi, sosial serta lingkungan," urai Dr. Zakiyah.

Ir. Muhammad Ansar, M.Si, Sekretaris Daerah Kota Makassar menuturkan, penerapan SNI ISO 9001:2015 di Pemerintah Kota mencakup layanan-layanan yang diberikan kepada masyarakat atau yang biasa disebut layanan publik.

"Penerapan SNI ISO 9001 yang sudah dilakukan dirasakan sekali manfaatnya bagi instansi pemerintah Kota Makassar, beberapa bentuk penerapan manajemen mutu sudah dilakukan pemerintah di Kota Makassar," ungkap Ansar.

Termasuk hal penting di dalamnya yaitu survey kepuasan masyarakat yang dilakukan untuk menilai sejauh mana masyarakat merasa terlayani dengan pelayanan publik yang telah dilakukan pemerintah kota.

Disampaikan pula, penerapan manajemen mutu berimplikasi pada peningkatan kepercayaan masyarakat, image positif pemerintah, indeks daya saing daerah serta mutu dan kinerja OPD maupun ASN secara individu. (endra/fajar)

  • Bagikan

Exit mobile version