Demi Kualitas Layanan Masyarakat, Pemkot Makassar Gandeng BSN Gelar Knowledge Sharing

Rabu, 26 Agustus 2020 10:34
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai penerapan standar khususnya standar sistem manajemen mutu yang berbasis SNI ISO 9001:2015 bagi organisasi perangkat daerah di lingkungan Kota Makassar, Kantor Layanan Teknis BSN Sulawesi Selatan dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Makassar mengadakan kegiatan knowledge sharing secara daring.

Sharing ini menghadirkan berbagai OPD termasuk didalamnya dinas-dinas serta balai dan laboratorium di lingkungan Kota Makassar khususnya dan Sulawesi Selatan pada umumnya, pada Selasa (25/08/2020).

Kegiatan ini bertujuan sebagai wadah diskusi dan untuk memberikan pemahaman bagi OPD dalam menerapkan Sistem Manajemen Mutu, yang diharapkan akan mendorong peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan sehingga dapat mencapai kepuasan pelanggan/ pengguna layanan.

Kegiatan ini dihadiri lebih dari 80 orang peserta, yang berasal dari berbagai dinas serta balai dan laboratorium di wilayah Kota Makassar dan Sulawesi Selatan. Acara ini diawali dengan pembukaan oleh Dr. Zakiyah, MM selaku Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN.

Dalam paparannya ia menyampaikan bahwa salah satu tugas negara diantaranya yaitu melayani masyarakat dalam hal pemenuhan hak dan kebutuhan dasarnya, membangun kepercayaan atas pelayanan publik yang dilakukan dan meningkatkan kualitas layanan.

Sejalan dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik serta turunannya yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2012, Standar Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001:2015 juga memiliki fokus dalam kualitas layanan atau jasa yang diberikan penyelenggara pelayanan publik kepada pelanggan dalam hal ini warga atau masyarakat.

Sesuai dengan model QMS (Quality Management System), konsep PDCA (Plan-Do-Check-Action) dilakukan organisasi untuk melakukan perencanaan serta menjalankan fungsi layanan dengan memperhatikan kualitas, menilai kualitas pelayanan yang telah dilakukan dan melakukan perbaikan yang berkesinambungan guna meningkatkan kepuasan pengguna layanan.

Selain itu, dijelaskan pula bahwa Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001, khususnya dalam penerapan di lingkungan Pemerintah Daerah secara rinci pedomannya dapat dilihat di ISO 18091:2014.

“Dimana standar ini bertujuan untuk membantu pemerintah mencapai misi sebagai penyedia produk/jasa atau penyelenggara pelayanan publik yang baik dengan dilakukannya diagnostik integral untuk memahami posisi organisasi dalam mendukung sektor pembangunan, ekonomi, sosial serta lingkungan,” urai Dr. Zakiyah.

Ir. Muhammad Ansar, M.Si, Sekretaris Daerah Kota Makassar menuturkan, penerapan SNI ISO 9001:2015 di Pemerintah Kota mencakup layanan-layanan yang diberikan kepada masyarakat atau yang biasa disebut layanan publik.

“Penerapan SNI ISO 9001 yang sudah dilakukan dirasakan sekali manfaatnya bagi instansi pemerintah Kota Makassar, beberapa bentuk penerapan manajemen mutu sudah dilakukan pemerintah di Kota Makassar,” ungkap Ansar.

Termasuk hal penting di dalamnya yaitu survey kepuasan masyarakat yang dilakukan untuk menilai sejauh mana masyarakat merasa terlayani dengan pelayanan publik yang telah dilakukan pemerintah kota.

Disampaikan pula, penerapan manajemen mutu berimplikasi pada peningkatan kepercayaan masyarakat, image positif pemerintah, indeks daya saing daerah serta mutu dan kinerja OPD maupun ASN secara individu. (endra/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI