Laksanakan Program MBKM, Mahasiswa Geografi UNM Berupaya Wujudkan Desa Cerdas di Takalar

Kamis, 3 September 2020 22:08

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Mahasiswa Jurusan Geografi FMIPA UNM menggelar kegiatan “Digitalisasi Data Desa Menuju Desa Cerdas” sebagai wujud program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dekan FMIPA, Drs. Suardi Annas, M.Si., Ph.D mengatakan, lokasi yang menjadi tujuan program MBKM itu adalah tiga Desa di kecamatan Polombangkeng Utara, Kabupaten Takalar.

”Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah Membangun Desa dengan melibatkan 3 desa mitra yaitu Desa Pa’rappunganta, Desa Lassang Barat, dan Desa Balangtanaya yang diikuti oleh 74 peserta dengan pembimbing lapangan 14 dosen,” ucapnya, Selasa (2/9/2020).

Dia menambahkan, Kegiatan itu akan berlangsung selama kurang lebih 6 bulan mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan penarikan dari lokasi kegiatan. Persiapan dimulai pada bulan Juli hingga Agustus dan berakhir pada pertengahan bulan Desember 2020.

“Tema utama yang diusung adalah Digitalisasi Data Desa Menuju Desa Cerdas. Tema ini memang sangat sesuai di era industri digitalisasi karena diharapkan desa mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dalam pengembangan data base desa untuk tujuan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di desa,” ujarnya.

Selain itu, dirinya selalu mengingatkan kepada seluruh peserta agar betul-betul bekerja sesuai dengan tema kegiatan dan selalu bersinergi dengan pemerintah setempat. Serta memperhatikan aspek protokol kesehatan seperti memamakai masker, menjaga kebersihan, dan jarak selama berinteraksi dengan aparat di desa serta masyarakat setempat.

“Disamping itu, peserta merdeka belajar kampus merdeka senantiasa menjaga nama baik almamater Universitas Negeri Makassar,” tegasnya.

Camat Polombangkeng Utara, Muh Rusdin, mengaku sangat mendukung program dari mahasiswa Geografi tersebut. Ia meyakini, hasilnya akan berdampak positif bagi kemajuan desa.

”kami sangat mengapresiasi dan siap setiap saat menerima konsultasi dan diskusi tentang program yang dijalankan oleh mahasiswa program merdeka belajar kampus merdeka,” imbuhnya.

Komentar