Peduli Wisata Pesisir, Pertamina Gelar Sosialisasi Konservasi Penyu dan Pelepasan Tukik

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PAREPARE – Sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian alam, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) VII menggelar kegiatan Sosialisasi Konservasi Penyu dan Pengembangan Ekowisata Pesisir Pantai di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, pada Rabu (02/09).

Kegiatan yang berlangsung dilokasi wisata Pantai Lowita, Desa Wiringtasi, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang ini dihadiri oleh perwakilan Fuel Terminal Parepare PT Pertamina (Persero), Ketut Karno, Sekda Kabupaten Pinrang, Ir. Budaya, M.Si, serta Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar, Andry Sukmoputro. Hadir juga pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DLH) Kabupaten Pinrang, Kodim, Kapolsek, Camat Suppa, Lurah Watang Suppa, serta berbagai elemen masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Pertamina bersama Pemerintah Kabupaten Pinrang, Universitas Muhammadiyah Parepare, dan Lingkar Pemuda Peduli Lingkungan Hidup (LPPLH) melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya tetap menjaga kestabilan populasi penyu yang ada di Indonesia. Pertamina juga mengajak masyarakat untuk memerangi tindakan yang mengancam populasi penyu seperti perburuan telur penyu untuk dijual atau dikonsumsi. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990, penyu merupakan salah satu satwa yang dilindungi.

Unit Manager Communication & CSR MOR VII, Laode Syarifuddin Mursali, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Pertamina terhadap lingkungan dan komitmen dalam menjaga ekosistem hewan yang dilindungi. "Populasi penyu di Indonesia terus mengalami penurunan. Kegiatan ini merupakan upaya Pertamina untuk mengedukasi masyarakat agar bersama-sama menjaga populasi hewan yang terancam punah ini. Kami mewajibkan setiap wilayah operasi Pertamina memiliki Program Konservasi Keanekaragaman Hayati," jelasnya.

  • Bagikan