Hasil Tes Swab Belum Keluar, AHP-AMM Tunda Daftar ke KPU Bulukumba

Jumat, 4 September 2020 17:09
Belum ada gambar

Komisioner KPU Bulukumba, Wawan Kurniawan memberikan penjelasan usai pendaftaran kandidat hari pertama ditutup, Jumat (4/9/2020).

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA — Bakal calon bupati dan wakil bupati, Andi Hamzah Pangki-Andi Murniati Makking (AHP-AMM) batal mendaftar ke KPU Bulukumba. Padahal pasangan ini dijadwalkan mendaftar di hari pertama pendaftaran.

Komisioner KPU Bulukumba Divisi Teknis, Wawan Kurniawan mengatakan, pihaknya mulai membuka pendaftaran kandidat pada hari Jumat, 4 September pukul 08.00-16.00 wita.

Namun, hingga batas waktu yang ditentukan, tak satu pun kandidat yang mendaftar. Padahal, berdasarkan surat resmi yang diterima, bacalon yang mendaftar di hari pertama ini adalah pasangan AHP-AMM.

“Kami sudah tutup pendaftaran untuk hari pertama karena jadwalnya memang sampai pukul 16.00 wita,” terang Wawan.

Ketidak hadiran AHP-AMM mendaftar bukan tanpa alasan. Berdasarkan informasi yang ia himpun, mereka batal mendaftar karena belum keluar hasil tes swabnya.

Sehingga kandidat tersebut mengundur jadwal pendaftarannya pada hari Sabtu, 5 September. “Berdasarkan PKPU 10 2020, setiap kandidat harus menyertakan hasil tes swabnya, itu menjadi kewajiban,” tambahnya.

Ketua Tim AHP-AMM, Ikbal Zabir mengatakan, pihaknya belum mendaftar ke KPU bukan karena hasil swab test belum keluar. Melainkan jagoannya baru tiba dari Makassar ke Bulukumba pada sore hari.

Sementara KPU telah menutup pendaftaran. “Jadi bukan karena swab test karena sudah ada surat keterangan, murni karena terlambat datang, kita jadwalkan besok, 5 September,” kuncinya. (sir/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI