Begini Tips dan Trik Mengatur Keuangan Ala Tim Pengabdian Dosen FEB UMI

Senin, 7 September 2020 21:35
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Tim Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMI, melaksanakan pengabdian untuk Dosen Pemula.

Pengabdian ini dilakukan kepada masyarakat Desa Timbuseng, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa. Mengambil judul pengabdian “Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga Bagi Masyarakat Desa Timbuseng”, kegiatan ini dimulai Senin,7/9.

Ketua Pengabdian Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMI, Nurfadila mengatakan dalam pengabdian ini dilaksakan bersama dua orang temannya Muhammad Abduh, dan Rezky Ratnasari Taufan.

Alasan mengangkat pengabdian tersebut pasalnya melihat dalam realita, terjadi idealisme dalam perencanaan penganggaran keuangan yang sangat sulit diterapkan. Ibarat pepatah mengatakan gali lubang tutup lubang, beberapa terjadi di kondisi ekonomi masyarakat.

” Jadi sepeeti pepatah lebih besar pasak daripada tiang yang juga menjadi kondisi yang lazim kita temui dalam perekonomian rumah tangga. Terlebih saat ini kita masih berada di tengah kondisi Wabah Covid 19 yang tentunya sangat mempengaruhi penghasilan para pencari nafkah,”ucapnya.

Untuk itu kata Nurfadila, kondisi ini jugalah yang dialami beberapa para masyarakat di Desa Timbuseng. Hal ini nampak Melalui interaksi antara pemateri dan ibu rumah tangga warga Desa Timbuseng.

“Jadi kami memberikan tips dan trik bagaimana mengatur keuangan dengan baik agar tidak terjad lagi kondisi gali lubang tutup lubang. Tentunya hal ini diperkuat dengan niat yang sungguh sungguh untuk menerapkan pengelolaan keuangan rumah tangga dengan konsisten dan disiplin,”tuturnya.

Dosen UMI dan Anggota Tim Pengabdian Desa Timbuseng, Rezky Ratnasari Taufan memgatakansalah satu contoh yang dijelaskan mengatur keuangan dengan mengarahkan agar bisa membiasakan melakukan pencatatan transaksi rumah tangga sehari-hari. Baik itu pemasukan maupun pengeluaran.

Lanjutnya, kedengarannya terkesan repot , tapi dengan cara ini ibu rumah tangga selaku bendahara keluarga bisa melihat arus kas masuk dan keluar yang menjadi alat pengontrol keuangan rumah tangga.

Komentar

VIDEO TERKINI