Peduli Dokter di Tengah Pandemi, Naisyah Minta Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Senin, 7 September 2020 21:16

Naisyah Tun Azikin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin turut prihatin atas gugurnya 102 dokter dalam menghadapi wabah covid 19.

Untuk itu, Naisyah mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan sepeti pakai masker, rajin cuci tangan, dan jarak. Dengan begitu, risiko orang tertular akan sedikit dan akan meringankan pekerjaan dokter.

“Bagaimana mereka (masyarakat) memelihara kesehatannya. Mematuhi protokol kesehatan dengan baik, sehingga tenaga kesehatan yang tidak bisa (kuat) lagi tidak harus terjun lagi menolong mereka itu juga dapat aman dari penularan,” ungkap Naisyah, Senin (7/9/2020).

Menurut Naisyah, kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan berdampak besar bagi dirinya sendiri maupun tenaga kesehatan (nakes) yang bekerja di rumah sakit.

“Jadi kita pakai masker, dokter juga aman. Selain nakes mematuhi protokol memakai APD yang lengkap juga masyarakat harus sadar,” papar Naisyah.

Jika masyarakat tak patuh, lanjut Naisyah, maka persentase pasien yang masuk rumah sakit juga akan tinggi. Sehingga dokter yang bersentuhan langsung juga kemungkinan besar akan terpapar.

“Ketidak patuhan mereka berdampak pada tenaga kesehatan. Karena nakes tidak ada alasan untuk tidak menolong mereka yang terpapar covid untuk tidak menyentuh mereka,” jelasnya.

Selain itu, Alat Pelindung Diri (APD) yang dipakai dokter atau nakes juga berpengaruh dalam meminimalisir terjadinya penularan dari pasien. Harus sesuai standar yang ditetapkan.

“Kita harapkan tenaga kesehatan khusunya sebagai garda terdepan menghadapi covid 19 paling tidak harus melengkapi diri dengan APD yang tersandar, mengikuti protokol kesehatan dan juga kita harapkan kesadaran masyarakat,” tandasnya. (ikbal/fajar)

Komentar