Prof.Dr. Muhammad Jufri Buka Diklat Calon Asesor IASP 2020 Sulsel

Rabu, 9 September 2020 09:04
Belum ada gambar

Prof.Dr.Muhammad Jufri. (ist)

SULSEL.FAJAR.CO.ID – Pendidikan dan Latihan Calon Asesor IASP2020 secara Daring dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulsel Prof.Dr.Muhammad Jufri (9/9). Hadir Ketua Pengurus BAN S/M Sulsel Drs.H.Burhanuddin A.Usman,M.Si, beserta jajarannya, serta sejumlah Asesor yang telah lulus Ujian Kompetensi Asesor BAN S/M.

Kadis Dikbud Sulsel dalam sambutannya menyambut gembira kegiatan ini, dan berharap kerjasama dan dukungan Pengurus BAN SM Sulsel dan Asesor untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sulsel, khususnya sejumlah SMA dan SMK yang akreditasinya berakhir tahun ini.

Insyaa Allah akan dibangun komunikasi yang sinerji ke depan, agar penyelenggaraan pendidikan di Sulsel berlangsung secara, berkualitas, akuntabel dan profesional, harapnya. Selain itu, sejumlah Asesor yang telah lulus Uji Kompetensi BAN SM agar memanfaatkan Diklat ini dengan sebaik baiknya, agar bisa memberi kontribusi dalam melakukan penilaian S/M secara lebih berkualitas, jelasnya.

Sementara itu, Ketua BAN SM Sulsel, Burhanuddin A.Usman dalam sambutannya menjelaskan paradigma baru dalam peningkatan mutu pendididikan, diantaranya dengan isntrumen baru IASP2020, yang akan digunakan oleh Asesor menilai kelayakan S/M, dari compliance based ke performance based atau dari paradigma berbasis data ke paradigma berbasis kinerja.

Selanjutnya dikemukakan ada 4 komponen utama dalam IASP2020, yakni Mutu Lulusan, Mutu Guru, Mutu Pembelajaran, dan Mutu Manajemen Sekolah/Madrasah. Kesemuanya ini akan dilatihkan kepada peserta, jelasnya.

Ketua panitia, Dr.Bernard menyampaikan sejumlah isu lainnya berkaitan dengan proses penggantian instrumen akreditasi yang telah mengalami revisi berkali-kali. Insyaa Allah dalam waktu dekat Instrumen IASP2020 akan diujicobakan ke sejumlah S/M di Makassar via Daring. (rls)

Komentar

VIDEO TERKINI