103 Warga Rappocini Diswab, 15 Hasilnya Diketahui Hari Ini, 88 Lusa

Jumat, 11 September 2020 16:59
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar tengah memasfikan tes swab di enam kecamatan zona merah penyebaran Covid-19. Dijadwalkan enam hari kedepan.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, 103 masyarakat mengikuti tes swab di Kecamatan Rappocini untuk hari pertama. Dengan menurunkan dua mobil PCR milik Pemrov Sulsel.

“Rappocini merupakan kecamatan pertama untuk tes swab. Sebanyak 103 masyarakat telah diperiksa. 15 orang diperiksa di mobil PCR, sedangkan sisanya diperiksa swab biasa,” kata Naisyah saat ditemui, Jumat (11/9/2020).

Untuk hasilnya, kata Naisyah, tes Swab biasa dan mobil pcr akan berbeda. Hasil tes dari mobil pcr akan diketahui hari ini. Sedangkan, tes Swab umum baru diketahui besok lusa.

“Tadi 15 orang diperiksa di mobil PCR, hasilnya bisa diketahui hari ini juga. Sedangkan sampel 88 orang sisanya akan dikirim ke laboratorium Unhas terlebih dahulu, mungkin lusa adami,” katanya.

Jika hasilnya sudah keluar, lanjut Naisyah, akan langsung diberitahukan ke masyarakat. Baik negatif maupun positif. Agar segera mendapat penanganan secepatnya.

“Hasilnya berikan ke warga, mau negatif atau positif supaya orang tahu. Kalau sudah diperiksa dan negatif kan alhamdulillah,” ucapnya.

Jika hasilnya positif, masyarakat akan diarahkan untuk isolasi mandiri di rumah masing masing. Dengan syarat rumah memiliki kamar mandi dalam dan tidak memiliki banyak penghuni.

“Kalau positif isolasi mandiri kalau tidak bergejala. Itupun kalau memenuhi syarat rumahnya kalau mepet” nanti dicarikan tempat mudah-mudahan ada (hotel)kosong,” papar Naisyah.

Diketahui, tes Swab di kecamatan Rappocini diadakan di Kantor Kelurahan Minasa Upa yang dimulai dari pukul 07.00 hingga pukul 11.00 WITA. Tes Swab akan dilanjutkan besok, di kecamatan Biringkanaya. (ikbal/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI