Ini Inovasi Kemenkumham Sulsel Menuju WBK

Senin, 14 September 2020 16:41
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Untuk dukung pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah bebas dari korupsi ( WBK) Kanwil Kemenkumham Sulsel melakukan terobosan dengan inovasi guna memberikan pelayanan yang mudah, cepat, dan nyaman kepada masyarakat. Terobosan tersebut berupa peningkatan sarpras layanan dan inovasi berbasisi Teknologi Informasi (TI).

Walaupun pandemi,Kanwil Kemenkumham Sulsel melakukan transformasi digital, dengan layanan daring agar layanan tetap prima dan layanan langsung adalah upaya terahir dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat .

Inovasi layanan dimaksud diantaranya: One Day PAS Service yakni , memangkas waktu pelayanan Verifikasi pengajuan remisi, asimilasi, Cuti Bersyarat (CB), Pembebasan Bersyarat (PB), dan Cuti Menjelang Bebas (CMB) secara On line dari tiga hari menjadi sehari. Di divisi imigrasi ada inovasi DUKIMON ( pengaduan keimigrasian online ) . Kemudian DUYANKUM Online, Pengaduan dan pelayanan hukum secara online,ada juga FORMALIN, Layanan Formulir Yankomas Online, LARIS Online (Laporan Bulanan Notaris secara online)

Inovasi lain adalah : LAKIDIGI (Layanan Kekayaan Intelektual Kanwil Digital), LAKISELAM (Layanan Informasi Kekayaan Intelektual, Sebelum Terlambat) dan LASERDOOR (Layanan Sertifikat Kekayaan Intelektual Door to Door yang diantar langsung ke alamat pemohon).

Sebagai penunjuang kemajuan provinsi sulawesi selatan di bidang layanan Hukum, Kanwil Sulsel juga hadir di daerah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah dan Perguruan Tinggi dalam bidang Kekayaan Intelektual sebagai penunjang nilai tambah ekonomis dan perlindungan hukum atas kekayaan intelektual.

Pembentukan Pos Yankomas di seluruh UPT Kanwil Sulsel untuk mendekatkan pelayanan pengaduan HAM dan layanan Hukum di masyarakat,..juga Mendorong Pemerintah Daerah menuju Kota-Kabupaten peduli HAM, serta Memfasilitasi Pemerintah Daerah untuk menyusun Ranperda berprespektif ham sebagai bentuk dukungan menghadirkan kepastian hukum bagi masyarakat di kabupaten-kota

Komentar

VIDEO TERKINI