Sampai Sore, Tes Swab Kecamatan Tamalate Capai 542 Peserta

Selasa, 15 September 2020 22:55
Belum ada gambar

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tes Swab Massal yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memasuki hari keempat. Giliran Kecamatan Tamalate yang mendapat bagian.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin menuturkan, tes swab di kecamatan Tamalate merupakan tes dengan peserta terbanyak. Mencapai 542 peserta.

“Hari ini di Tamalate mencapai 542 peserta. Terbanyak jika dibandingkan hari sebelumnya. Bahkan sampai sore masih banyak masyarakat yang datang untuk diswab,” ujar Naisyah saat dihubungi, Selasa (15/9/2020).

Antusisme masyarakat dalam mengikuti tes swab disambut baik oleh Naisyah. Menurutnya, semakin banyak yang ikut, akan semakin cepat kasus bisa ditracking untuk diberi penanganan.

“Mudah-mudahan dengan banyaknya masyarakat yang megikuti tes kita harap bisa mengetahui lebih banyak kasus. Dengan begitu, positif ranting bisa diketahui berapa persen. Itukan salah satu indikator mengetahui tingkat penyebaran,” sebutnya.

Lebih lanjut, kata Naisyah, tes swab dibagi menjadi dua bagian. Selain diswab dengan cara biasa, Diskes juga menyediakan mobil pcr yang hasil tes bisa diketahui satu jam kemudian.

“Sebanyak 40 sampel kita tes di mobil pcr, sedangkan 502 sampel dites swab biasa. Hasil tes mobil pcr 1 positif. Hasil dari tes swab dengan cara biasa mudah mudahan lusa sudah ada” tutur Naisyah.

Hingga saat ini, Pemkot telah menggelar tes swab di empat kecamatan. Rappocini hari pertama dengan total 6 positif, Biringkanaya hari kedua untuk sementara 2 terkonfirmasi positif, Panakukang di hari ketiga belum terkonfirmasi positif, sedangkan Tamalate untuk sementara 1 orang terkonfirmasi positif.

Hingga kini, tersisa dua kecamatan zona merah yang yang belum menggelar tes swab. Manggala yang rencananya akan dilakukan besok Rabu (16/9/2020) dan Tamalanrea sehari setelahnya, Kamis (17/9/2020). (ikbal/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI