Selain Enam Kecamatan Zona Merah, Diskes Makassar Upayakan Tes Swab di Delapan Kecamatan Lainnya

Selasa, 15 September 2020 17:02
Belum ada gambar

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus berupaya memutus mata rantai penyebaran virus covid 19. Terbaru, Pemkot tengah memasifkam tes swab di enam kecamatan status zona merah covid.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, pihaknya berencana melakukan tes swab di delapan kecamatan lainnya jika tes di enam kecamatan zona merah telah rampung.

“Kita akan rencanakan (tes swab) di kecamatan lainnya. Yang jelas sekarang kita prioritaskan dulu kecamatan yang zona merah,” ungkap Naisyah, Selasa (15/9/2020).

Menurut Naisyah, semakin banyak masyarakat yang ditracing akan semakin bagus. Sehingga penyebaran virus tidak semakin meluas.

“Sebisa mungkin kita tracing semua. Jangan sampai masih ada titik yang belum kita tracing yang berpotensi menyebarkan kepada yang lain. Jadi kalau kita cari, penyebarannya bisa kita minimalisir,” ucapnya.

Untuk jumlah swab yang disediakan, lanjut Naisyah, belum ditentukan dan masih menunggu sisa pemakaian dari enam kecamatan yang kini sedang berlangsung. Selain itu, masih akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Provinsi.

“Kita tunggu dulu selesai ini enam kecamatan, kalau ada sisanya maka akan dipakai di situ. Kita juga masih harus berkoordinasi dengan Provinsi,” sebutnya.

Saat ini, lanjut Naisyah, tes swab juga dilakukan di 14 kecamatan. Mentracing kasus yang punya kontak erat dengan pasien positif.”Yang lain tetap jalan (tes swab) di puskesmas. 14 kecamatan,” pungkasnya. (ikbal/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI