Prof Husain Syam: KKN Domisili UNM, Solusi Kegiatan Akademik di Tengah Pandemi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof. Husain Syam melepas secara resmi Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) semester ganji tahun ajaran 2020/2021. Pelepasan tersebut di lakukan secara virtual, kamis, (17/9/2020).

Pelaksanaan KKN Ditengan pandemi covid-19, membuat pelaksanaan KKN berbeda dari sebelumnya. UNM membuat kebijakan KKN domisili dimana para peserta KKN, melakukan aktifitas KKN di tempat mukim masing-masing dengan dibekali program yang wajib mereka lakukan.

Kepala Pusat KKN & PM UNM Arifin Manggau menyebutkan, sebannyak 5.003, yang terdiri dari KKN reguler domisidi 1.141 orang, kkn terpada domisili 3.393 orang, KKN tematik merdeka belajar 334 orang, KKN profesi 85 orang, KKN 50 orang. Yang tersebar di 41 kabupaten kota yang juga tersebar di 11 provinsi di luar sulawesi selatan.

Ia juga mengatakan, ada 7 program utama yang ditawarkan kepada mahasiswa, yakni. Program pencegahan covid, Program pertanian sehat, Program air bersih, Gerakan olahraga bersih dan lingkungan bersih, Membangun potensi desa berbasis media sosial, Gerakan desa digital, sertan Gerakan baca tulis.

“Ini sesuai dengan arahan pak Rektor ada 7 program yang kami tawarkan kepada mahasiswa yang mereka lakukan di lokasi KKN nantinya” ungkapnya.

Sementara itu, kebijakan KKN domisili merupakan suatu trobosan, langkah dan aktivitas akademik ditengan pandemi.

“UNM tidak pernah berhanti untuk melakukan serangkaian akademik, kita memang telah mempersiapkan segala kondisi yang ada, bekerja dan beraktifitas akademik ditengah pandemi ini merupakan tugas dan tantangan kita bersama. Maka dengan ini kita mencoba untuk melakukan KNN domisili,” ungkap Prof. Husain

  • Bagikan