Kakanwil Sulsel Harun Sulianto Resmikan Inovasi Produk Layanan Rutan Makassar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto meresmikan empat inovasi terbaru Rutan Kelas 1 Makassar sebagai bagian dari upaya Rutan Makassar membangun Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Inovasi dimaksud di antaranya: Aplikasi Sinar, (Sistem Informasi Layanan Rutan) merupakan aplikasi berbasis android yang dapat diunduh oleh masyarakat secara gratis di playstore. Menyediakan fiture informasi kemudahan layanan Rutan Makassar seperti: persyaratan bantuan hukum, penelitian, dan magang bagi mahasiswa. Menu Pusat Berkas menyediakan formulir layanan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), seperti izin luar biasa dan pemindahan WBP.

Selain itu tersedia pula layanan belanja online aneka hasil karya kerajinan WBP dengan kualitas bersaing dan harga terjangkau. Dan fasilitas layanan interaktif informasi dan pengaduan on line dengan berbagai platform pilihan: telpon, SMS, WA, dan media sosial FB, Instagram, dan twitter.

Inovasi selanjutnya berupa Maskot, Pin WBK, dan Jingle Rutan Makassar. Hal menarik dari maskot dan pin tersebut, memadukan simbol nilai-nilai tradisi budaya khas Sulsel dengan tata nilai yang ada pada Kemenkumham. Hal tersebut diharapkan dapat terimplementasi dalam pelaksanaan tugas dan kehidupan sehari-hari ASN Rutan Makassar. Lain halnya dengan Jingle, diciptakan langsung oleh Kepala Rutan Makassar, Sulistyadi dan dihadiahi Sertifikat HKI Hak Cipta dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual yang diserahkan oleh Kakanwil Sulsel.

  • Bagikan