FIKP Unhas Gelar Webinar Internasional Bahas Perubahan Ekosistem Laut

Selasa, 22 September 2020 17:22

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Webinar Internasional seri 5 dengan tema “Marine Ecosystem in a Changing World : A Challange for Marine Scientist”.

Kegiatan yang menghadirkan Dr. Willem Renema (The Naturalis Nerherlands) dan Dr. Noel Janetski (PT. Mars Simbioscience) selaku pemateri berlangsung mulai pukul 14.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (22/09).

Kegiatan dibuka oleh Dekan FIKP Unhas, Dr. Ir. St. Aisjah Farhum, M.Si. Mengawali sambutannya, Dr. Aisjah menyampaikan terima kasih atas kesediaan para narasumber untuk berbagi wawasan dan pengalaman terkait tantangan bagi ilmuwan kelautan dalam ekosistem maritim yang terus berubah.

Lebih lanjut, Dr. Aisjah menambahkan dengan webinar ini diharapkan meningkatkan kontribusi masyarakat untuk bersama-sama menjaga ekosistem laut bukan hanya wilayah Sulsel, tapi untuk seluruh wilayah di dunia.

Usai pembukaan secara resmi, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para narasumber.

Materi pertama disampaikan oleh Dr. Willem Renema (The Naturalis Nerherlands) tentang “Can Turbid Coastal Environments Provide Refuge for Coral Reefs in Periods of Warm Climate?” yang secara umum menjelaskan mengenai ekosistem terumbu karang yang memiliki peranan penting dalam ekosistem laut.

Sesi pemaparan materi ditutup oleh Dr. Noel Janetski (PT. Mars Simbioscience) yang membahas mengenai “Regenerating Marine Ecosystem – Lesson Learnt” yang secara umum menjelaskan peranan beberapa unsur yang mendukung upaya pelestarian terumbu karang.

Menurut Noel, selain keterlibatan aktif masyarakat untuk mensukseskan pelestarian terumbu karang, juga diperlukan beberapa faktor pendukung lainnya seperti kualitas air dan pemilihan metode yang sesuia dengan lokasi terumbu karang yang dikembangkan.

Komentar