Pedagang Ikan Resah, Pencuri dengan Modus Mencari Ikan di Pengairan Beraksi

Kamis, 24 September 2020 22:13

FAJAR. CO.ID, MASAMBA–Aksi pencurian ikan di Dusun Trikora, Desa Patoloan, Kecamatan Masamba, Luwu Utara meresahkan pedagang.

Sejumlah pedagang ikan lintas provinsi telah kehilangan ikan kakap, ikan sunu dan ikan untuk ekspor lainnya yang disimpan dalam boks (gabus).

Pedagang Ikan, Herman mengatakan, sejak beberapa bulan lalu, warga daerah Dusun Trikora hingga Pasar Bone-Bone selalu kehilangan ikan satu gabus.

”Awalnya saat pertama kehilangan satu gabus ikan, saya kira mungkin orang tidak bisa beli ikan yang ambil, ”kata Herman, Kamis (24/9/2020).

Namun, warga Trikora yang pedagang ikan selalu kehilangan. Setiap tiga sekali selalu kehilangan. Warga curiga. Ada orang luar selalu masuk cari ikan di pengairan depan rumah, tengah malam. Mereka bawa ember dan senter. Selama mereka cari ikan di pengairan. Ikan jualan warga selalu hilang.

”Kita mulai awasi. Saat pertama lewat empat orang. Berselang beberapa menit, lewat dua orang, lalu lewat lagi dua orang. Tiba-tiba lewat lagi pengendara motor KLX,”kata Herman.

Warga mematikan lampu dan mengintai lewat jendela. Saat dirinya masuk ke kamar mandiri. Warga teriak pencuri ikan.

”Saya buru, tapi pelaku dua orang lari dan ada yang menghalangi saya. Dia pukul badan ku. Pelaku lari. Saya dapat satu orang. Saya tanya mengeku pemilik KLX adalah temannya, ”katanya.

Kemudian, dia menunjuk temannya lagi. Hingga berjumlah empat orang. Pelakunya delapan orang. Keempat orang ini telah diserahkan ke polisi.

”Saya minta polisi memproses pencurian ikan ini. Kasian kami pedagang ikan. Ikan ini kami ambil di Malangke dan dijual ke Sulawesi Tengah,”paparnya.(shd/fajar)

Komentar