PBAK IAIN Parepare Tekankan Kecerdasan Spiritual

Jumat, 25 September 2020 21:43
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID, PAREPARE– Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Parepare telah dibuka. Agenda itu, dilaksanakan sebagai awal kegiatan perkuliahan khususnya kepada mahasiswa baru.

Ketua Panitia Dr. Agus Muchsin mengungkapkan sebanyak 1.310 peserta yang mengikuti PBAK secara virtual (online). Agenda tersebut mengusung tema integrasi tiga kecerdasan menuju mahasiswa berdaya saing; cerdas spiritual, cerdas emosional dan cerdas intelektual.

“Saat mahasiswa memiliki kecerdasan spiritual maka hati bercahaya lalu mereka nantinya mampu menyerap ilmu seperti salah satu hadis bahwa ilmu itu adalah ibarat cahaya,” jelasnya, Jumat (25/9/2020).

Lebih jauh, ia menerangkan, yang bisa menerima cahaya adalah hati yang bersih, maka cerdas secara spiritual akan melahirkan kecerdasan emosional dan intelektual.

Sementara itu, Rektor IAIN Parepare Dr. Ahmad Sultra Rustan juga mengungkapkan, pentingnya mahasiswa memiliki daya kritis dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.

“Daya kritis yang ingin ditanamkan pada mahasiswa bukanlah daya kritis yang semu, bukan pula daya kritis untuk memberikan penilaian-penilaian hal-hal negatif,” bebernya.

Tetapi daya kritis yang dimaksud disini, tambahnya, yakni daya analisa. Sehingga daya kritis ini juga dilakukan dalam proses perkuliahan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan mereka. (gsa/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI