Digelar Tiga Hari, Politeknik Negeri Ujung Pandang Cetak 1150 Alumni

Sabtu, 10 Oktober 2020 15:32

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Makassar mengelar pengukuhan wisudawan angkatan 34 di Auditorium Kampus 2 Politeknik Negeri Ujung Pandang, Moncongloe, Maros. Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari mulai Sabtu-Senin.

PNUP Makassar mewisuda sebanyak 1150 alumni yang terdiri dari 675 orang lulusan Program Diploma-3 dan 475 orang lulusan Program Sarjana Terapan.

Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Makassar, Prof. Ir. Muhammad Anshar, M.Si.,Ph.D mengatakan, kegiatan wisuda ini merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-33 PNUP yang terdiri dari serangkaian kegiatan seni dan olahraga, kegiatan seminar Nasional SNTEI dan seminar Interaktif dengan Industri dan kegiatan pameran produk Tugas Akhir Mahasiswa.

“Dalam masa pandemik ini, kegiatan civitas akademika mengalami transformasi yang fokus pada kegiatan yang memberi konstribusi terhadap penanganan pandemic termasuk kegiatan penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Begitu juga dengan perkuliahan, seminar, ujian yang semuanya mesti dilakukan secara dalam jaringan (daring). Masa pandemic ini juga sekaligus menjadi keprihatinan kita dan tantangan alumni PNUP tahun 2020,” katanya, Sabtu (10/10/2020).

Pada tahun 2019, PNUP meluluskan sebanyak 887 orang alumni dan menurut data tracer study, terdapat 79% yang langsung bekerja dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan. Mengacu ke perjanjian kinerja Direktur, diharapkan tahun ini dengan alumni sebanyak 1150 terdapat 80% alumni yang bekerja, melanjutkan studi ataupun berwirausaha dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan walaupun kelihatannya target ini sangat berat untuk dicapai mengingat kondisi pandemic COVID-19 yang masih berlangsung.

“Dari jumlah total tenaga akademik tersebut, sudah ada 4 orang (1.2%) yang telah bergelar Profesor. Sementara sebanyak 144 orang (45,20%) sudah mempunyai jabatan fungsional Lektor Kepala, serta 107 orang (32.82%) masih mempunyai jabatan fungsional Lektor dan sisanya 27 orang masih asisten ahli serta 40 orang masih CPNS. Yang memiliki gelar doktor telah mencapai 27%,” sebutnya.

Komentar