Coffee Morning Bareng Wartawan, Iqbal: Pjs Itu Tidak Boleh “Kajili-jili”

Senin, 12 Oktober 2020 21:00

FAJAR.CO.ID, LUWU UTARA– Pernyataan menarik dilontarkan Pjs Bupati Luwu Utara Iqbal Suhaeb saat bertemu dengan sejumlah wartawan dalam sebuah acara Coffee Morning, Senin (12/10/2020), di HDS Café and Eatery, Masamba.

Acara berlangsung santai. Iqbal mengawali pertemuan perdananya dengan insan pers dengan memperkenalkan diri serta menjelaskan perbedaan Pj, Pjs, Plt dan Plh agar media tidak salah kutip dalam menempatkan istilah tersebut.

Iqbal juga tak lupa membagikan nomor ponselnya kepada semua wartawan yang hadir. “Silakan catat nomor saya, kalau ada sesuatu yang mau dibicarakan, silakan kontak saya, tapi jangan melalui pesan whatsApp karena pesan WA kadang tidak terbaca. Bukan saya sengaja, tapi terkadang pesan itu terlewati karena banyaknya grup WA di ponsel saya,” kata Iqbal.

Yang menarik, saat wartawan Fajar, Syahruddin, bertanya soal program seorang Pjs Bupati.

Mantan Penjabat Wali Kota Makassar ini, dengan sigap menjawab bahwa program seorang Pjs Kepala Daerah secara khusus tidak ada. Pjs, kata dia, hanya bertugas melancarkan dan menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak, serta mempercepat penanganan Covid-19.

“Pjs itu tidak boleh kajili-jili, dia harus survive dengan apa yang sudah ada. Pjs tidak boleh bikin sesuatu perencanaan atau bikin program prioritas,” jelas dia.

Satu hal yang harus dilakukan seorang Pjs, bagaimana mengharmonisasikan semua Perangkat Daerah dan Forkopimda dalam mengawal proses Pilkada dan penanganan Covid-19, termasuk mengawal APBD Perubahan dan APBD Pokok agar tetap berjalan sesuai jadwal.

Intinya adalah mengawal semua program yang sudah ada, termasuk program-program dari pusat agar tetap berjalan, sehingga masyarakat bisa merasakan manfaatnya,” pungkas dia.

Komentar