Unhas dan BSN Gelar Webinar Standarisasi Produk Inovasi Berdaya Saing Nasional

Senin, 19 Oktober 2020 14:12

“Inovasi dan standardisasi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Dengan adanya standardisasi dapat membantu proses promosi dan layanan inovatif, karena membangun kepercayaan diantara industri dan konsumen serta mendorong pasar berskala besar,” kata Jumain.

Materi lainnya disampaikan oleh Prof. Dr. Bambang Prasetya, M.Sc., yang menjelaskan tema “Standarisasi dan Hilirisasi Produk Inovasi Indonesia”. Beliau membahas inovasi dan roadmap hilirisasi, peran standardisasi dalam hilirisasi produk inovasi serta kiat menghadapi pandemi Covid-19.

“Produk inovasi akan bertambah nilainya jika terstandarisasi. Misalnya saja dalam aspek ekonomi, produk inovasi yang berstandar akan mudah dipasarkan,” kata Prof. Bambang.

Selain itu, beliau menambahkan dengan adanya standardisasi maka berpengaruh pada peningkatan jaminan mutu, efisiensi produksi, meningkatkan perlindungan kepada konsumen serta adanya kepastian, kelancaran, dan efektivitas transaksi perdagangan barang/jasa dalam dan luar negeri.

Sesi pemaparan materi ditutup oleh Prof. dr. Muh. Nasrum Massi., Ph.D (Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unhas) yang menyampaikan mengenai “Peran Unhas Dalam Penerapan SNI dan Hak Indikasi Geografis Dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Unggulan Daerah Sulawesi Selatan”.

Indonesia dikenal memiliki wilayah dengan berbagai produk unggulan daerah yang mempunyai ciri khas masing-masing. Produk unggulan ini menurut Prof Nasrum harus dikembangkan sehingga berdampak pada peningkatan nilai ekonomis yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Unhas sebagai perguruan tinggi terbesar di Indonesia bagian timur memiliki peran dalam mengembangkan produk unggulan daerah Sulsel yang berdaya saing dalam dan luar negeri,” jelas Prof. Nasrum.

Sebagai Perguruan Tinggi, Unhas mengembangkan usaha produk unggulan daerah melalui penerapan SNI dengan cara mendorong hilirisasi riset dan inovasi, selanjutnya melakukan kerjasama dengan Pemda serta UKM setempat guna meningkatkan daya saing produk.

Komentar

VIDEO TERKINI