Gandeng BKSP Sulsel-MSDM Universal, Kampus Polinas Makassar Gelar Uji Sertifikasi Skema Human Kapital

Selasa, 20 Oktober 2020 20:18

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Politeknik Informatika Nasional Kampus Tamalanrea bekerjasama dengan BKSP Sulsel dan LSP MSDM Universal mengadakan Uji Sertifikasi Kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk Skema Human Capital Staff.

Acara tersebut berlangsung Senin 19 Oktober 2020 yang dilaksanakan di Kampus Polinas Makassar Jl. Perintis Kemerdekaan Km 12.

“Uji Sertifikasi Kompetensi kali melibatkan peserta dari berbagai perusahaan, lembaga pelatihan yang ada dimakassar, Barru, Wajo, Parepare, Pinrang dan Palopo bahkan ada peserta yang berasal dari Palu,” jelas Pembina Yayasan Mitra Mandiri dan Ketua BKSP Prov Sulsel, Yusran Paris.

Kegiatan kali ini diadakan 2 tahap yang pertama tanggal 18 Oktober 2020 secara daring dilaksanakan Program Latihan Kompetensi dengan skema Human Capital secara daring yang menghadirkan narasumber yang telah banyak memiliki pengalaman dalam bidang ketenagakerjaan yaitu Basir.

“Pelatihan ini diadakan untuk memberikan pengetahuan tambahan bagi peserta terkait ketenagakerjaan dan persiapan Uji Sertifikasi Kompetemsi BNSP nantinya,” tambah Yusran.

A. Awaluddin, Kepala Pengawas Disnaker Wilayah 1 Provinsi Sulawesi Selatan menuturkan, sertifikasi Kompetensi bidang MSDM ini sangat dibutuhkan di dunia kerja sebagai bukti pengakuan akan keterampilan yang wajib dimiliki oleh para Staff HRD.

“Hal ini dituangkan dalam Surat Edaran dari Menteri Tenaga Kerja Nomor M/5/HK.04.00/VII/2019 tentang Pemberlakuan Wajib Sertifikasi Kompetensi Terhadap Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Dalam kutipan surat edaran tersebut menyatakan bahwa “Memberlakukan Wajib Sertifikasi Kompetensi bagi Pekerja yang menduduki bidang jabatan SDM/HRD,” tandasnya. (ikbal/fajar)

Komentar