Juara Satu Nasional, Bukti Kinerja Kepemimpinan Ketua Forum KKS Barru Hasnah Syam

  • Bagikan

Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat, drg.Hj Hasnah Syam MARS, memang menjadi yang paling berperan mengupayakan setiap keluarga di Kabupaten Barru memiliki kesadaran dan membentuk kebiasaan yang lebih sehat. Bukan hal yang mudah untuk membuat setiap rumah tangga memiliki sarana berupa jamban maupun mengubah persepsi rakyat dalam menjaga sendiri “kehormatannya” di ruang terbuka.

Upaya yang konsisten dan berkesinambungan, Ketua Forum KKS Barru ini berhasil menggerakkan semua elemen masyarakat untuk menjadikan lingkungannya lebih sehat.

“Ini sudah bisa membuktikan kalau kita serius dan komitmen pasti bisa, setelah berhasil ODF, diharapkan dapat berlanjut ke pilar STBM selanjutnya hingga mencapai Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (Desa STBM)” Ungkap Hasnah Syam yang juga Tokoh Nasional kala memberikan sambutan dihadapan ratusan warga Soppeng Riaja dan pejabat pemerintah daerah yang memenuhi sekitaran Embung Paccekke, Soppeng Riaja, September lalu.

Mulai upaya merunut dari tingkat Desa dievaluasi step by step, dihampir setiap kesempatan, Hasnah Syam sebagai Ketua Forum KKS Barru ini tak henti mengkordinasikan. Beliau yang intens kordinasi langsung bahkan verifikasi lapangan bersama Tim di Bappeda atau Dinas Kesehatan, termasuk mengajak Baznas Barru untuk ikut serta membantu mencerahkan warga fakir miskin. Dan akhirnya, satu persatu kecamatan pun mengajak setiap perwakilan institusinya untuk Deklarasi ODF sejak awal 2020 ini.

Kiprah Hasnah Syam sebagai Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat (Forum KKS), menjadi pendorong baginya untuk menuntaskan masalah dasar kesehatan ini dengan berkoordinasi dan terus mendorong agar setiap Kecamatan ODF di 2020. Apalagi, seumur hidup Beliau, sejak masuk ke Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, sampai hari ini, tidak lepas dari Upaya mensejahterakan rakyat melalui kesehatan. Beliau sebelum menjadi Anggota DPR RI dari Komisi yang membidangi Kesehatan, merupakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barru.

  • Bagikan