Calon Bupati Berlatar Belakang Pengusaha Disukai Warga Bulukumba

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Lembaga survei Insert Institute merilis hasil survei terhadap keempat pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Bulukumba.

Hasilnya, elektabilitas petahana atau paslon nomor urut tiga, Tomy Satria Yulianto - Andi Makkasau unggul 35,63 persen selisih tipis 1.25 persen dengan paslon nomor urut empat, Muchtar Ali Yusuf - A. Edy Manaf 34,38 persen.

Sementara pasangan nomor urut dua, Askar HL - Arum Spink berada di posisi ketiga dengan presentase 24,50 persen.

Pasangan Andi Hamzah Pangki - A. Murniyati, nomor urut satu di posisi buncit dengan perolehan sementara 3.38 persen. Adapun presentase masyarakat yang tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 2,13 persen.

Direktur riset dan data Insert Institute, Reskiyanti mengatakan, survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan responden sebanyak 800 dengan margin of error 3,46 persen.

"Ini dilakukan pada 24-30 November 2020,
setiap hari data yang masuk langsung kami input kemudian langsung diolah setiap kecamatan berdasarkan sebaran responden. Sebarannya berdasarkan data jumlah pemilih," ujarnya di Black Canyon, Senin (30/11/2020).

Hasil survei ini menjadi alat ukur dan bahan evaluasi bagi setiap kandidat, ini juga bisa saja akan berubah jelang pemilihan 9 Desember nanti.

"Untuk Bulukumba bisa saja berubah karena nilainya masih rawan," pungkasnya.

Salah satu faktor minat pemilih untuk memilih paslon Bupati Bulukumba berdasarkan latarbelakang profesinya. Sehingga potensi money politik di Bulukumba bisa saja terjadi jelang pemilihan 9 Desember nanti.

  • Bagikan