Pelatihan Pekerti dan Applied Approach UNM Resmi Dibuka

Jumat, 4 Desember 2020 17:03

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) Universitas Negeri Makassar (UNM) menyelenggarakan Pelatihan Pekerti dan Applied Approach di Ballroom, Menara Pinisi UNM. (Jumat, 4/12/2020).

Sebanyak 147 peserta mengikuti kegiatan tersebut yang berlangsung dari 4-11 Desember.

Ketua LP2MP, Prof Sapto Haryoko menuturkan bahwa pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menyajikan materi saat proses belajar mengajar di kelas.

“Para peserta pelatihan untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini, sehingga memberikan hasil yang baik,” pungkasnya

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Hasnawi Haris yang berperan sebagai narasumber mengatakan bahwa Pendidikan Berbasis Capaian (OBE) adalah proses pendidikan yang berfokus pada pencapaian hasil kongrit yang spesifik.

“Yang kita butuhkan itu, pengetahuan, dan keterampilan yang melibatkan restrukturisasi kurikulum termasuk penilaian yang lebih menggambarkan pencapaian pembelajaran dan keterampilan tertentu,” tutur Guru Besar Ilmu Hukum Ini.

Sementara itu, Dr Sukardi Weda selaku narasumber bahwa menjadi dosen itu tidak hanya sekadar transfer pengetahuan, tapi lebih dari itu kemampuan mendidik mahasiswa.

“Kegiatan ini harap diikuti secara sungguh-sungguh sehingga setiap dosen yang ada di UNM ini memiliki kemampuan untuk transfer dan berbagi pengetahuan serta sikap kepada mahasiswa,” cetus Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni ini.

Rektor UNM, Prof Husain Syam yang membuka resmi kegiatan tersebut, mengatakan kegiatan ini merupakan sebuah majelis untuk merajut silaturahim. Tak hanya itu, pelatihan ini juga untuk mengonstruksi bahan ajar, mengasesmen proses yang dilakukan.

“Pekerti ini, bagian penting yang perlu dipahami oleh pengajar di PT, yakni kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian, dan kompetensi profesional, lanjutnya,” jelasnya.

Komentar