Pelaku UKM Kopi Arabica Toraja Sebut RINDU Angin Segar Pengembangan Ekonomi dan Pariwisata Torut

Senin, 7 Desember 2020 17:30

FAJAR.CO.ID, TORAJA UTARA — Fritsz Allo Karaeng Pongsamma, pelaku UKM Kopi Arabica Specialty Toraja tidak mau ketinggalan mendukung paslon calon bupati dan wakil bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang dan Yonathan Pasodung. Paslon yang dikenal dengan akronim RINDU itu dinilainya merupakan paket terbaik dan ideal untuk memimpin Toraja Utara.

Fritz yang menekuni usaha kopi sejak tahun 2012 menyatakan tertarik dengan beberapa program paslon RINDU yang terangkum dalam visi dan misinya diantaranya sektor ekonomi dan pengembangan Pariwisata.

“Nah, bermodal itu semua, saya yakin Toraja Utara akan sejahtera, maju dan berkembang bersama RINDU,” tutur Fritz, Minggu (6/12/2020).

Sebagai pelaku UKM tentunya misi paslon tersebut merupakan support dan angin segar untuk usaha yang sedang dirintisnya.

Selama ini kata Frits, dirinya masih mengandalkan modal dan teknik sendiri dimulai dengan penanaman pohon kopi dilahan milik keluarganya di lembang Salu Silaga Kecamatan Buntu Pepasan, Kelurahan Sapan Toraja Utara, kemudian pengolahan dan pengemasan kopi hingga kopi dihidangkan kepada pelanggan.

Brand “Toraja Art Coffee Roastery” miliknya juga pernah ikut dalam Kontes Kopi Spesialty Indonesia XI tahun 2019 dan mendapatkan peghargaan dan sertifikat kepesertaan dari AEKI dan AECI.

“Kami berharap jika pemerintahan paslon RINDU yang terpilih nantinya akan memperhatikan dan membantu usaha rintisan kami dimulai dari perluasan dan bantuan bibit kopi unggulan yang ditanamnya serta bantuan peralatan dan pendistribusian kopi sehingga kopi Toraja yang dirintisnya dapat berkembang hingga ke mancanegara,” papar Frits. (endra/fajar)

Komentar