Ekonomi 2021

Senin, 14 Desember 2020 17:04
Belum ada gambar

Untuk sektor korporasi masih kesulitan, karena rendahnya permintaan dan aktivitas ekonomi. Dari sisi sektor perbankan, tampaknya kinerja mereka masih bersifat konstan, tetapi posisinya cukup baik.Likuiditas terjaga dan DPK cukup baik, meski dominan berupa tabungan dan penempatan dana. Kecukupan modal juga terjaga. NPL rendah, tetapi penyaluran kredit sangat terbatas, karena pemintaan lemah.

Dapat dicatat beberapa kondisi bersifat positif. Sudah ada ada rencana pelaksanaan vaksinasi walaupun belum ada kepastian. Ekonomi global mempunyai tren mulai kondusif, dianggap karena terpilihnya presiden baru AS, serta pulihnya ekonomi Tiongkok.

Diharapkan pertumbuhan ekonomi nasional di triwulan IV ini akan membaik secara kuartalan (Q to Q), mapun secara tahunan (Y on Y). Demikian juga di daerah, Sulsel di antaranya, yang selalu lebih tinggi dari nasional.

Perbaikan disumbang oleh membaiknya Konsumsi masyarakat dan pemerintah, termasuk PMTB, dan ekspor. Sektor usaha juga akan akan membalik arah pertumbuhannya, meskipun masih lebih banyak yang tumbuh negatif. Akan tetapi, sudah mengecil.

Sektor utama yang masih tumbuh positif dan akan meningkat secara nasional, yakni sektor pertanian, informasi dan komunikasi, dan jasa kesehatan. Di Sulsel, yang masih tumbuh positif dan membaik: infokom dan konstruksi. Yang membaik: sektor pertanian dari -2,49 persen akan menjadi -0,5- (1,5) persen, dan industri pengolahan dari -1,73 persen menjadi antara -0,5 – (1) persen.

Termasuk perdagangan akan membaik dari -2,23 menjadi antara -0,5 – (1,5) persen.

Menyongsong 2021 para otoritas strategi terkait sudah menyiapkan berbagai kebijakan unggulan yang diasumsikan lebih baik program dan implementasinya setelah mengevaluasi efektivitas berbagai program yang dilaksanakan selama 2020.

Komentar

VIDEO TERKINI