Hasil Pilkada, Jadi Potret Bursa Pilgub Sulsel

  • Bagikan
Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengatur kotak suara usai melakukan  hasil penghitugan suara Pilkada Makassar 2020 di Kantor Kecamatan Panakukang ,Jl Batua Raya, Makassar, Minggu, 13 Desember. Sesuai tahapan pilkada serentak di Makassar rekapitulasi tingkat kecamatan yang berlangsung pada Jumat (11/12). KPU kota Makassar akan mengagendakan S rekapitulasi tingkat kota pada 14-17 Desember 2020.

"Kemampuan mereka menang di daerah mereka menjadi modal paling besar," tegasnya.

Erwin Aksa selaku Ketua Tim Pemenangan Appi-Rahman, juga dalam penilaian Sukri punya kans untuk maju. Ia punya pengalaman bertarung dan selaku kader dan pengurus Golkar di DPP, bersyarat untuk diusung.

"Terjunnya Erwin di Pilwalkot bukan hanya semata memenangkan Appi selaku iparnya, tetapi tentu secara politik dibaca bahwa ia membaca kekuatan politik di Sulsel kalau ia mau maju di Pilgub," jelasnya.

Pengamat Politik Unismuh Andi Luhur Prianto juga menilai hasil pilkada di 12 daerah ini akan jadi modal besar. "Menjadi batu loncatan beberapa tokoh politik untuk optimis menatap Pilgub," nilainya.

Beberapa ketua partai pun juga akan makin optimis dengan kemenangan calon yang diusung. Para pimpinan partai ini bisa mengukur basis elektoral berdasarkan kemenangan usungan.

"Konstelasi Pilgub 2023 sangat mungkin melahirkan format koalisi baru, sekaligus menjadi rintisan untuk koalisi di Pemilu 2024," jelasnya. (abd/rif-zuk)

  • Bagikan