Kabupaten Barru Raih Penghargaan Peduli HAM

Senin, 14 Desember 2020 13:42

FAJAR.CO.ID, BARRU — Pemkab Barru kembali menoreh prestasi. Kali ini Barru dapat penghargaan sebagai kabupaten peduli Hak Asasi Manusia (HAM). Penghargaan dari Kementrian Hukum dan HAM, bertepatan hari Hak Asasi Manusia,10 Desember 2020.

Penghargaan ini diterima Bupati Barru, Suardi Saleh, bersama 14 Kabupaten kota di hotel Claro, Makassar. Penyerahannya bersama Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

Sebagai daerah peduli HAM, kata Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, tentu menjadi salah satu kebanggaan bagi daerah.

Menurut Nurdin, penghargaan ini adalah momentum yang sangat tepat untuk mengevaluasi kembali hak-hak dasar masyarakat kita. “Saya berharap daerah-daerah terus berkarya dan berprestasi,”ucapnya.

Penghargaan tertinggi dalam pemenuhan hak asasi manusia ini, adalah prestasi bagi kabupaten dan kota yang telah memenuhi Indikator Penilaian terkait Hak Asasi Manusia. Dasar pelaksanaan dan penilaian tertuang pada Peraturan Menteri Hukum dan HAM No 34 Tahun 2016 tentang Kriteria Daerah Kabupaten Kota Peduli HAM dan implementasi Perpres No 75 Tahun 2015 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia.

Dari beberapa indikator, Kabupaten Barru berhasil mendapatkan penilaian atas pemenuhan hak perempuan dan anak mendapat nilai 100, sebagai poin tertinggi di penilaian ini. Setelahnya, adalah pemenuhan hak kesehatan yang mencapai 83 poin, kemudian disusul hak atas Perumahan dan hak asasi manusia lainnya.

Kegiatan ini dihadiri sejumlah pejabat Kementerian Hukum dan HAM RI, Gubernur Sulsel, serta Bupati dan Wali Kota Se-Sulsel. Leading sektor regulasi di daerah, Kepala Bagian Hukum, Setda Barru Hj. Naidah, SH. turut hadir dalam puncak peringatan Hari Hak Asasi Manusia Se-Dunia Tahun ini. (rls)

Komentar

VIDEO TERKINI