Transfer Daerah Terpangkas Vaksin

  • Bagikan

Bagaimana dengan kabupaten/kota? Pihaknya meminta agar daerah menyiapkan anggaran serupa. Terutama untuk proses vaksinasi hingga level terbawah di puskesmas. Pemprov dan kabupaten/kota saling mendukung.

Siapkan Dana

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Ichsan Mustari mengatakan pihaknya juga sudah menyiapkan anggaran Rp8 miliar pada APBD 2021 mendatang. Anggaran ini dialokasikan untuk operasional vaksinasi hingga tambahan satu Cold Chain untuk penyimpanan vaksin.

Saat ini, satu ruang penyimpanan sudah disiapkan di Kantor Dinas Kesehatan Sulsel. Setidaknya membutuhkan satu tambahan ruangan lagi untuk menyimpan jatah vaksin nantinya.

"Anggaran juga sudah kami siapkan untuk operasional vaksinasi tahun depan," bebernya.

Pakar Epidemiologi Unhas Prof Ridwan Amiruddin mengapresiasi langkah pemerintah pusat untuk menggratiskan vaksin untuk masyarakat. Semestinya, pemerintah pusat memang menjamin agar masyarakatnya sehat dan terbebas dari Covid-19.

Salah satunya untuk vaksinasi. Dia juga meminta agar fokus proses vaksinasi dilakukan selama dua bulan pertama tahun 2021. Meski bertahap, tetapi pemberian vaksin untuk masyarakat diharapkan bisa rampung dalam kurun waktu tersebut.

"Ini dilakukan agar efeknya lebih cepat. Karena ada masa pembentukan antibodi. Kita berharap, proses vaksin tak berjalan lama, agar masyarakat secara bersamaan langsung merasakan manfaatnya,” tambahnya. (ful/rif-zuk)

  • Bagikan