Sempat Ditutup Sementara, 6 Puskesmas di Makassar Kembali Buka Layanan

Jumat, 18 Desember 2020 18:20

Ilustrasi petugas medis

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Enam puskesmas di Kota Makassar kembali membuka layanan. Sempat tutup karena pegawai dinyatakan positif covid 19.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Makassar, Agus Djaja Said mengatakan, penutupan selama satu hari itu untuk pencegahan penularan virus dengan melakukan penyemprotan disinfektan.

Ia memastikan, penyemprotan dilakukan terhadap seluruh gedung dan ruangan puskesmas, termasuk sarana dan prasarana yang tersedia. Hal ini agar terbebas dari ancaman penularan.

“Satu hari ji ditutup itu dek, untuk penyemprotan disinfektan. Ini yang saya luruskan,” kata Agus saat dihubungi, Jumat (18/12/2020).

Kendati demikian, sebelumnya Agus enggan menyebut secara rinci puskesmas mana yang sempat ditutup kemarin.

“Tidak usah saya sebut puskesmas itu,” jelasnya.

Agus menuturkan, tenaga medis yang dinyatakan positif telah menjalani isolasi mandiri menyusul tempat karantina di hotel dan rumah sakit sudah penuh.

“Tempat isolasi di hotel sudah penuh, makanya kita arahkan isolasi mandiri saja dulu. Kita sudah laporkan ke pimpinan (Pj Walikota) sebagai bahan pertimbangan mengambil kebijakan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Agus mengimbau seluruh pengunjung puskesmas tetap mematuhi protokol kesehatan, yaitu mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“untuk melayani pasien, protokol kesehatan sangat ketat kami terapkan baik untuk petugas kesehatan itu sendiri ataupun pasien,” tutupnya. (ikbal/fajar)

Komentar