Asrama Khusus untuk Pelajar dari Pulau

Sabtu, 19 Desember 2020 10:34

Siswa SD di Pulau Sumanga, Kecamatan Liukang Tangaya, Kabupaten Pangkep, belajar dengan fasilitas seadanya, beberapa waktu lalu. Tahun depan, Pemprov Sulsel memprioritaskan pembangunan wilayah pulau. (SAKINAH FITRIANTI/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel berencana menyiapkan asrama untuk pelajar dari pulau. Tahap awal akan disediakan asrama di Kabupaten Pangkep pada 2021 mendatang.

Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel, Hery Sumiharto mengatakan, Pangkep mendapat prioritas awal, lantaran banyak warganya yang melanjutkan pendidikan ke wilayah daratan. Mereka membutuhkan tempat tinggal sementara seperti asrama. Sehingga tak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Pihaknya mengupayakan anggaran untuk pengadaan asrama tersebut. Pelajar dari pulau bisa tinggal di asrama, terutama mereka yang lanjut ke jenjang SMA/SMK.

“Minat untuk lanjut bersekolah anak-anak di pulau sangat besar. Apalagi untuk lanjut ke jenjang SMA/setara. Makanya pemerintah mesti menyiapkan fasilitas bagi mereka,” bebernya, kemarin.

Hery berharap, adanya asrama bisa mengurangi beban orang tua untuk mencarikan tempat tinggal layak bagi anak mereka.

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menilai kehadiran asrama sangat penting sebagai tempat berkumpulnya anak dari pulau untuk mengenyam pendidikan. Hal ini sejalan dengan program prioritas Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah untuk mendorong pembangunan di pulau-pulau.

Bahkan, Andi Sudirman ingin ada UPTD khusus di pulau untuk menjamin ketersediaan pendidikan, kesehatan, serta pelayanan dasar berjalan. “Ini menjadi prioritas kami tahun depan. Kita berharap ada UPTD khusus yang mengurus masalah pulau,” tambahnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah khawatir tingginya angka putus sekolah di pulau karena tidak ada dukungan dari pemerintah. Apalagi sekolah-sekolah di pulau rata-rata hanya sampai jenjang SMP. Sementara fasilitas untuk SMA sangat minim.

Secara perlahan, program asrama ini pun akan merambah ke beberapa wilayah lain. Yakni Selayar dan Makassar. Pemprov Sulsel secara bertahap akan merealisasikan program ini secepatnya. (ful)

Komentar