Petugas Gabungan Bersihkan Bantaran Sungai dari Enceng Gondok

Sabtu, 19 Desember 2020 09:30
Belum ada gambar

Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID, SUNGGUMINASA — Cegah banjir. Tumbuhan Enceng gondok yang tumbuh subur di bantaran Sungai Jeneberang dibersihkan.

Petugas gabungan dari Pemkab Gowa, TNI, Polri, Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang, dan Komunitas Cerebuttaya bersama-sama membersihkan bantaran sungai. Pembersihan ini mengerahkan alat berat untuk mempercepat pekerjaan.

Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni mengatakan, kegiatan yang dipelopori oleh Kodim 1409 Gowa dalam rangka peringatan hari Infanteri Ke-72 tahun, merupakan karya bakti yang dapat mencegah terjadinya banjir. Termasuk mendukung pembangun infrastruktur.

“Karya Bakti ini merupakan kelanjutan dan konsep tentang hubungan antara TNI dengan rakyat yang peduli terhadap keutuhan bangsa dan rakyat Indonesia,” kata Abd Rauf Malaganni saat membuka kegiatan di Lapangan Sepak Bola Bantaran Sungai Jeneberang, Kelurahan Tompobalang, Kecamatan Somba Opu, Jumat, 18 Desember.

“Kegiatan Karya bakti ini merupakan program lintas sektoral yang melibatkan unsur TNI, pemerintah daerah dan masyarakat secara umum untuk membangun infrastruktur desa dan kelurahan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah yang menjadi objek pelaksanaan Karya Bakti,” ungkap Kr Kio sapaan akrab Wakil Bupati Gowa.

Sementara itu, Dandim 1409 Gowa, Letkol inf Muh Suaib mengatakan, pembersihan enceng gondok di bantaran Sungai Jeneberang ini menggunakan alat berat untuk mencegah banjir.

“Karya Bakti ini dilakukan bertujuan untuk mencegah terjadinya bahaya banjir dan kemanunggalan rakyat dengan bersama-sama menjaga lingkungan. Terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat,” kata Muh Suaib.

Selain melakukan kegiatan pembersihan enceng gondok, pelaksana kegiatan juga membagikan 100 paket sembako kepada masyarakat sekitar bantaran Sungai Jeneberang. (ans/ham)

Komentar

VIDEO TERKINI