Wujud Kepercayaan ASA, Rp400 Juta Dialokasikan Bantu Ponpes di Sinjai

Sabtu, 19 Desember 2020 21:28

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID — Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) memberi kepercayaan kepada Pondok Pesantren dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan syiar islam di Kabupaten Sinjai. Terbukti, sebanyak Rp400 juta anggaran pada tahun 2020 dialokasikan untuk membantu Pondok Pesantren

Jumlah anggaran tersebut diperuntukkan bagi delapan Ponpes yang ada di Bumi Panrita Kitta’. Dimana setiap Ponpes diberikan dana hibah sebesar Rp50 juta.

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) mengungkap, dirinya menyiapkan anggaran tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan peningkatan syiar Islam di daerah yang dipimpinnya.

ASA sangat memberikan kepercayaan kepada pondok pesantren dalam membina generasi muda yang berakhlakul karimah. Termasuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, terampil dan mampu menguasai ilmu bidang keagamaan.

Oleh karena itu, lulusan Fakultas Hukum Trisakti itu menilai kehadiran Pemerintah sangat dibutuhkan untuk mencapai hal tersebut. Atas dasar itu, pihaknya menggelontorkan anggaran untuk membina Ponpes.

“Kami komitmen untuk membina Ponpes dengan memberikan bantuan anggaran, kami memberikan kepercayaan penuh kepada Ponpes, peran Ponpes dibutuhkan di garda terdepan untuk melahirkan insan manusia yang berkualitas,” ungkap ASA.

Sebagai wujud kepedulian ASA, bantuan dana hibah untuk Ponpes ini telah dilaksanakan sejak tahun pertama kepemimpinannya. Pada tahun 2019, sebanyak tujuh Ponpes diberikan bantuan dana hibah.

Sementara tahun ini mengalami peningkatan sebanyak delapan Ponpes, meski di tengah pandemi Covid-19 melanda. “Kami merealokasi sejumlah anggaran besar dalam penanganan Covid-19, tapi bantuan untuk Ponpes tidak kami alihkan karena kami memberikan perhatian khusus, program ini akan terus kami jalankan,” tambahnya.

Pimpinan Ponpes Darul Ihsan Desa Salohe, Kecamatan Sinjai Timur, Mustakim mengakui jika Bupati ASA sangat dekat dengan para pondok pesantren. Apalagi kebijakan Pemda saat ini lebih memperhatikan perkembangan dan kebutuhan Ponpes.

Komentar