Waspadai Musim Hujan, RSUD Haji Siap Jadi Rujukan Pasien dari Daerah

Minggu, 20 Desember 2020 11:27

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Wilayah Sulawesi Selatan saat ini telah memasuki musim hujan. Beberapa hari terakhir, hujan dengan intensitas lebat melanda beberapa daerah.

Masyarakat diminta untuk waspada terhadap ancaman bencana alam, seperti banjir dan longsor. Termasuk penyakit yang muncul saat musim hujan, seperti demam berdarah, tipus, leptospirosis dan ISPA.

Untuk penanganan penyakit tersebut, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji milik Pemprov Sulsel siap menangani termasuk menerima rujukan dari kabupaten/kota.

Kepala Bagian Perencanaan, Program, Evaluasi, Hukum, Humas dan Pemasaran RSUD Haji, Badaruddin mengatakan pihak siap menangani setiap penyakit non Covid-19.

“Kita terbuka 24 jam, bukan saja rujukan. Mereka yang butuh penanganan darurat atau layanan umum lainnya pun kita siap terima,” kata Badaruddin saat dikonfirmasi, Minggu (20/12/2020).

Pihaknya berharap masyarakat tidak ragu memeriksakan diri ke RSUD Haji dan layanan kesehatan jika kondisi sedang tidak sehat. Selain itu, pihaknya berharap puskesmas atau RS daerah bisa memilih RSUD Haji sebagai rumah sakit rujukan.

“Kami pihak rumah sakit tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat untuk upaya pemutusan penyebaran Covid-19. Mulai dari petugas dengan APD lengkap hingga sterilisasi setiap ruangan setiap saat,” jelasnya.

Terakhir, Badaruddin menghimbau masyarakat untuk tetap menjalankan pola hidup sehat serta protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona dan penyakit lainnya. (Msn/fajar)

Komentar