Tegas!! Tak Ada Kerumunan di Tahun Baru

Senin, 21 Desember 2020 13:26
Belum ada gambar

Perayaan tahun baru di Makassar, tahun 2019 lalu.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –– Penjagaan area Pantai Losari bakal diperketat. Ini untuk memastikan tak ada pengunjung atau warga yang nekat liburan. Terutama di momentum pergantian tahun.

Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Kemananan Satpol PP Makassar, Pagar Alam mengatakan, pengetatan akan dilakukan. Untuk tahap awal akan dilakukan sosilasasi.

“Apalagi sisa menghitung hari sudah 24 Desember. Kita terus jalan, karena area ini (Losari) nanti harus bersih,” ujarnya, Minggu, 20 Desember.

Pagar Alam menerangkan, sejak penetapan sepuluh hari penutupan pusat keramaian di tempat terbuka diberlakuan 24 Desember-3 Januari, koordinasi terus dilakukan. “Kalau ada yang ke Losari kita ingatkan masyarakat, agar nanti tak merayakan tahun baru. Itu akan dilarang, karena instruksinya sudah jelas,” ucapnya.

Pihaknya juga memilih untuk tak bertindak represif. Selama warga mengerti terutama yang baru mengetahui imbauan tersebut. “Termasuk nanti yang mau ke Lego-lego Center Poin of Indonesia (CPI), termasuk di Akkarena atau Pantai Tanjung Bayang,” terang dia.

Hanya saja toleransi masih diberikan kepada pelaku usaha di sekitar Pantai Losari. Seperti penjual pisang epe. Mereka tetap dibiarkan menjual sampai batas waktu pukul 19.00 Wita. Itu diimbau sebaiknya melakukan secara pesan saja dan tidak makan di tempat.

“Dan semua sektor seperti itu. Mulai dari kafe, restoran, mal, dan tempat usaha lainnya harus jam operasional dibatasi sampai pukul 19.00 Wita,” terang Pagar Alam.

Hingga kini Satpol PP belum berani memberi sanksi berupa denda. Meski beberapa tempat usaha telah mengantongi surat peringatan, namun setelah itu tak ada lagi pelanggaran.

“Seperti di hotel beberapa sudah kantogi surat peringatakan. Kalau melanggar bisa langsung didenda,” ungkap dia.

Komentar

VIDEO TERKINI