DMI Sulsel Perkuat UMKM di Lingkungan Masjid

Selasa, 22 Desember 2020 21:34

FOTO: ISTIMEWA

Fajar.co.id, Makassar — Ketidakpastian akibat situasi pandemi COVID-19 menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di berbagai daerah.

Lesunya aktivitas ekonomi di sejumlah sektor ikut memengaruhi gairah usaha mereka. Namun demikian, tetap ada di antara mereka yang justru mampu mengembangkan usahanya di tengah kondisi penuh tantangan ini dengan memanfaatkan peluang lewat pembaruan model transaksi ataupun peralihan sektor usaha.

Dalam rangka memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM tersebut, Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulawesi Selatan dengan melaksanakan Orientasi Pembentukan UMKM UMKM di Linkungan Masjid yang di ikuti oleh Pimpinan Daerah DMI 24 Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Selatan yang dilaksanakan selama dua hari (20-21/12/2020) di Hotel Jolin, Makassar.

Selain melaksanakan Orientasi untuk pemberdayaan ekonomi PW DMI Sulsel juga Koordinasi dan penataan Organisasi DMI Kabupaten Kota Se-Sulawesi Selatan yang tujuannya agar organisasi berfungsi dengan baik sehingga Konsolidasi dan koordinasi ini dapat memfungsikan semua struktur dalam organisasi DMI kedepannya.

Ketua Umum PW DMI Sulsel, Mayjend TNI (Purn) HM Amin Syam dalam sambutannya Target kegiatan ini adalah terciptanya wirausaha wirausaha baru yang menfokuskan dan mengaitkan kegiatan usahanya pada masjid-masjid dan kaum muslimin menuju kemandirian ekonomi kaum muslimin.

“Kita mengharapkan UMKM-UMKM terbentuk di lingkungan Masjid sehingga muncul-muncul Wirausaha-wirausaha baru dari lingkungan Masjid dan kaum muslim. Banyak yang bisa kita buat di Masjid khususnya pembentukan UMKM sebagai contoh Usaha Cuci Mobil atau motor bagi masjid yang luas pekarangan Masjidnya,” ungkap Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini

“Selain Masjid mempunyai Unit Usaha, program ini juga membantu pemerintah dalam hal menyerap tenaga kerja di sekitar lingkungan Masjid,” tambahnya di sela-sela pembukaan.

Komentar