DMI Sulsel Perkuat UMKM di Lingkungan Masjid

  • Bagikan

“Selain Masjid mempunyai Unit Usaha, program ini juga membantu pemerintah dalam hal menyerap tenaga kerja di sekitar lingkungan Masjid,” tambahnya di sela-sela pembukaan.

Hadir menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut Ketua Komite Tetap (Komtap) UKM Kadin Sulsel, Rusdi Hidayat Jufri dan Branch Manager Rumah Zakat Makassar, Amir ST.

Dalam materi yang dibawakan oleh Rusdi Hidayat Jufri bahwa proses pengembangan UMKM Masjid dalam pelaksanaanya tidak lepas dari usaha pengurus masjid dalam mengoptimalkan dana Infaq shodaqoh dari para Muzzaki untuk di alokasikan sebagai batuan dana modal usaha bagi para jama’ah untuk pengembangan UMKM-nya.

“Masalah permodalan menjadi hal mendasar bagi para jama’ah yang mencoba membangun usaha baru. Disisi lain pelatihan dan pembinaan, pengarahan serta pemberian motivasi juga sebagai strategi mengoptimalkan potensi jama’ah melalui Usaha Mikro Kecil dan Menegah. Berawal dari jama’ah yang di subsidi hingga jama’ah mandiri dan nantinya menjadi Muzzaki.” Ungkap Rusdi dalam pemaparannya.

Hal inilah yang menjadikan langkah awal menuju kesejahteraan masyarakat yang dibina melalui pengembangan UMKM khususnya di lingkungan sekitar masjid. pihak pengelola Masjid juga menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan bagi para jama’ah. Sehingga peran masjid yang sesungguhnya tercapai tidak lepas dari Visi Misi Masjid yang sudah di tetapkan yakni terwujudnya masyarakat sejahtera lahir batin yang diridhoi Allah SWT. (rls)

  • Bagikan