Tak Lagi Bertaruh Nyawa, Jembatan Kalamisu Hubungkan Desa Aska-Salohe

  • Bagikan

SULSEL.FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Warga Desa Aska, Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, senang bukan main. Jembatan Kalamisu kini berdiri tegak.

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa menuntaskan janji pemerintah untuk membangun Jembatan Kalamisu. Jembatan ini memudahkan warga Desa Aska yang hendak menyeberangi sungai menuju Desa Salohe, Kecamatan Sinjai Timur. Begitupun sebaliknya.

Selama ini warga sangat kesulitan untuk menyeberangi sungai yang menghubungkan dua desa beda kecamatan tersebut. Guru SD 230 Jenna, Desa Aska, Fitri menuturkan bagaimana perjuangannya harus melintasi sungai yang mengancam jiwanya saat musim hujan tiba.

Air sungai yang tinggi dan berarus deras, membuat Fitri hanya bisa pasrah. Tak jarang ia harus melawan arus dan membuat pakaian kerjanya basah kuyup saat mengajar di sekolah.

"Sampai di sekolah, pakaian yang dikenakan langsung dijemur karena basah. Mau tidak mau kami harus melintasi sungai karena itu akses terdekat menuju sekolah," beber Fitri, Selasa, 22 Desember.

Ia mengaku senang dan berterima kasih atas kepedulian Pemkab Sinjai. Mereka tak perlu lagi berjalan kaki. Sebab Jembatan Kalamisu sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

"Awalnya kami ragu kalau jembatan mau dibangun. Bertahun-tahun kami hanya dijanji oleh pemerintah. Kami mulai percaya bahwa pemerintah benar-benar peduli saat jembatan mulai dikerja," sambungnya.

Siswi SMPN 4 Kecamatan Sinjai Timur, Nurhidayah juga tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya. Ia tak perlu khawatir lagi seragam sekolahnya basah karena melintasi sungai tersebut. Gadis yang tinggal di Desa Aska ini bersekolah di kecamatan tetangga.

  • Bagikan