Hadiri Uji Fungsi dan Serah Terima SPAMS, Bupati Bantaeng Harap Masyarakat Terapkan Hidup Sehat

Kamis, 31 Desember 2020 16:51

FAJAR.CO.ID, BANTAENG – Dalam rangka meningkatkan akses air minum yang aman dan sanitasi layak secara berkelanjutan, serta meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, Bupati Bantaeng, H. Ilham Azikin menghadiri kegiatan Uji Fungsi dan Serah Terima SPAMS Program Pamsimas III Desa HID (Hibah Insentif Desa) 2020 di Desa Kayuloe, Kecamatan Bantaeng, Kamis (31/12) Pagi.

Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat ini III ini merupakan kelanjutan program Pamsimas I (2008-2012) dan Pamsimas II (2013-2016) yang bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap air minum dan sanitasi yang berkelanjutan, di wilayah desa dan pinggiran kota.

“Melalui Program Pamsimas ini, masyarakat dapat lebih mudah mengakses sarana air mijum yang aman, serta mampu menerapkan program stop buang air besar sembarangan, yang mana tentunya punya peran sangat penting utamanya di saat pandemi Covid-19 seperti ini”, ujar Bupati.

Akses air minum aman tidak harus melalui perpipaan, termasuk menjaga sumber air agar tidak tercemar seperti sumur yang banyak di pedesaan. Program Pamsimas merupakan salah satu kegiatan pembangunan infrastruktur permukiman berbasis masyarakat. Melalui pendekatan ini, masyarakat difasilitasi untuk secara mandiri dapat memenuhi kebutuhan infrastruktur air minum dan sanitasi.

Komentar

VIDEO TERKINI