Lutra Kembali Dilanda Banjir, PUPR Berpikir Keras Cari Solusi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MASAMBA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), terus berupaya mengatasi persoalan genangan air yang acap kali terjadi ketika curah hujan yang cukup tinggi mengguyur Kota Masamba.

Plt Kepala Dinas PUPR, Rusydi Rasyid, mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan upaya penanganan darurat atau sementara agar persoalan ini sedikit bisa teratasi, sambil menunggu penanganan permanen yang nantinya akan dilakukan pemerintah pusat melalui Badan Jalan Nasional, yang rencananya akan dilakukan tahun 2021 ini.

“Saat ini yang kita lakukan adalah penanganan sementara dulu, seperti pengerukan saluran-saluran yang terbuka untuk mengangkat tumpukan sedimen supaya arus air kembali lancar mengalir, tapi sekali lagi ini sifatnya sementara, sambil menunggu penanganan permanen dari pemerintah pusat,” kata Rusydi, Sabtu 2 Januari 2021.

Selain itu, pihaknya juga akan mencari saluran-saluran atau tempat-tempat yang tersumbat untuk kemudian dilakukan pembukaan saluran agar tidak ada lagi drainase tersumbat yang dapat mengakibatkan genangan di mana-mana. “Nanti juga kita lihat di hilir, kita cek di mana tempat-tempat tersumbat, kemudian kita buka di situ,” jelasnya.

Rusydi juga mengatakan, selain di hilir, penanganan di sepanjang jalan poros (jalan nasional), juga terus dilakukan. “Di sepanjang jalan poros kita juga lakukan pengerukan saluran yang mengarah ke masjid Syuhada. Bahkan semua saluran sudah dipasangi turap untuk menaikkan material yang ada sebagai penahan masuknya air,” terang dia.

  • Bagikan