Balang Tonjong Hanya Ramai Dibahas, Tak Ada Solusi Real Pembenahan

Selasa, 5 Januari 2021 18:10

Kondisi Danau Balang Tonjong

Banyak potensi yang bisa dikembangkan di sana. Kata Hasrul, Balang Tonjong bisa jadi solusi masalah mitigasi. Jika itu terjadi, masyarakat di Perumnas Antang mestinya tak lagi dipusingkan soal banjir.

“Karena kalau Balang Tonjong itu dibenahi. Luar biasa dampaknya. Insyaallah soal banjir itu bisa teratasi atau paling tidak diminimalisir dengan maksimal dan terukur. Namun kembali lagi status lahan yang menghambat,” ucapnya.

Karena persoalan lahan, tim satgas juga tak berani turun melakukan pembersihan. Pantauan FAJAR, Senin, 4 Januari, eceng gondok dan tanaman hampir memenuhi seluruh area danau.

Bahkan salah satu area danau terpasang papan klaim lahan dimiliki salah satu warga. Itu yang membuat tim satgas tak bisa berbuat banyak. “Jadi kita hanya fokus di drainase atau saluran di area Perumnas,” katanya.

Blok 10 perumnas Antang yang jadi langganan banjir, kata Hasrul juga akan dilakukan perbaikan saluran. Kata dia, tim survei sudah turun dan melakukan pemetaan. “Kita harap masalah banjir paling tidak bisa teratasi,” ucapnya.

Namun kembali lagi, posisi Danau Balang Tonjong tak bisa dinafikan. Kata Hasrul koneksi antar saluran drainase juga bertumpu dari posisi danau.

“Mestinya danau itu bisa jadi sumber saluran pembuangan utama,” harapnya. (*)

REPORTER ANDI NUR ISMAN-ARDIANSYAHEDITOR YUSRIADI

Komentar

VIDEO TERKINI