Bantuan Modal Berbasis Dusun, Bupati Bantaeng Pecahkan Masalah Pengangguran di Desa

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BANTAENG -- Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin melakukan kunjungan kerja di sejumlah unit usaha rumah tangga. Unit-unit ini adalah usaha yang telah mendapatkan bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW.

Kunjungan pertama dilakukan di rumah seorang warga bernama Mahyuddin. Dia adalah pengusaha Meubel di Kecamatan Eremerasa. Bantuan modal usaha dari Pemkab Bantaeng sebesar Rp20 juta digunakan Mahyuddin untuk membeli mesin pemotong kayu dan modal usaha. Hasilnya, Mahyuddin bisa menjawab kebutuhan pasanan meubel di kawasan Eremerasa.

Dalam waktu kurang dari setahun, usaha meubel Mahyuddin terus berkembang. Dia sudah memiliki omzet hingga Rp5 jutaan per bulan. Dia bahkan telah memperkerjakan tenaga kerja di sekitar rumahnya.

“Saya sudah ada empat tenaga kerja. Dua tenaga inti, dua lagi cadangan. Malah ada juga tenaga kerja saya yang sudah membuka usaha baru juga,” kata dia.

Dia mengaku berterimakasih kepada Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin. Menurutnya, berkat bantuan itu, dia bisa menyelesaikan lebih banyak pesanan meubel dari kliennya.

Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin berpesan kepada Mahyuddin untuk senantiasa merekrut tenaga kerja di sekitar rumahnya. Menurutnya, hal itu bisa menciptakan lapangan kerja sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Ini bantuan modal memang tidak banyak. Tetapi bisa mendorong penciptaan lapangan kerja baru di dusun,” jelas dia.

Dia juga berharap, usaha-usaha seperti Mahyuddin dapat tumbuh di daerah lainnya. Menurutnya, ketahanan ekonomi daerah sangat bergantung dari usaha kecil menengah.

  • Bagikan