Serahkan Bantuan Kapal, Bupati: Buatan Nelayan untuk Nelayan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BANTAENG -- Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikim menyerahkan sembilan unit bantuan kapal nelayan di Kelurahan Lamalaka, Kabupaten Bantaeng, Sabtu (9/1/2021).

Bantuan kapal beserta alat tangkap ini adalah produksi nelayan Bantaeng dengan pembiayaan dari pemerintah.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bantaeng, Rita Pasha mengatakan, bantuan ini didanai oleh Pemkab Bantaeng. Hanya saja, proses pengadaannya melibatkan usaha kecil menengah yang ada di Bantaeng.

“Jadi kapal-kapal ini dibuat oleh nelayan kita. Spesifikasinya dirancang sesuai kebutuhan nelayan,” jelas dia.

Begitupun dengan alat tangkapnya. Rita mengaku, sengaja melibatkan nelayan Bantaeng untuk memberikan efek positif kepada usaha kecil dan menengah di Bantaeng.

“Semuanya melibatkan tenaga kerja di Bantaeng. Kecuali peralatan elektronik yang memang harus dibeli,” jelas dia.

Dia menambahkan, ternyata karya nelayan Bantaeng ini malah dilirik daerah lain. Setelah mendapat dana pemerintah, banyak daerah lain yang ingin memesan kapal di Bantaeng.

“ini adalah efek positifnya. Sekarang sudah ada beberapa daerah yang memesan. Seperti Bulukumba dan Bone,” jelas dia.

Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin mengakui potensi yang ada ini. Dia mengatakan, hal ini menandakan jika karya nelayan Bantaeng patut diperhitungkan.

“Artinya kita bisa menggali potensi ini. Kita telah memberikan bantuan pendanaan dan sekarang usaha pembuatan kapal ini mulai berkembang. Di sinilah peran pemerintah,” jelas dia.

Dia menambahkan, pemerintah akan terus mendorong usaha kecil ini untuk terus berkembang. Dia berharap, Lamalaka dapat menjadi salah satu pusat industri kapal nelayan yang ada di Bantaeng.

  • Bagikan