Tahan Hibah Hotel-Restoran, Dispar Makassar Persulit Pengusaha

Senin, 11 Januari 2021 09:37

Syarat menerima dana hibah itu disebutnya tidak ribet. Hanya butuh nama perusahaan, alamat, NPWP, surat izin usaha pariwisata (SIUP)/tanda daftar usaha pariwisata (TDUP), surat pernyataan, serta bukti pembayaran pajak di 2019.

“Dokumen tersebut dikumpulkan di Dinas Pariwisata kemudian di-review oleh Inspektorat. Kemudian diajukan ke bagian keuangan dengan menambahkan kelengkapan dokumen untuk pengajuan pencairan,” terangnya.

Dari semua syarat itu, Safar menyebut rata-rata terkendala pada TDUP. Banyak industri hotel dan restoran yang ternyata tidak mengantongi itu. Mereka baru bergegas melakukan pengurusan.

“Ada beberapa yang baru mengurus, ada juga yang kadaluarsa. Bahkan ada yang harus bolak-balik karena persyaratannya belum terpenuhi,” ucapnya.Soal kelanjutannya, Safar belum bisa memastikan. Dia mengaku masih menunggu petunjuk dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Untuk saat ini Dinas Pariwisata masih koordinasi dengan kementerian pariwisata untuk kemungkinan pengalihan dana hibah ke tahun 2021,” katanya. (ism-ans/iad)

Komentar

VIDEO TERKINI