Kanal Selatan CPI Berfungsi Ganda, Sirkulsi Air dan Destinasi Wisata

  • Bagikan

Selain itu, ada fungsi untuk memperlancar sirkulasi air di sekitaran pantai Losari. Nurdin pun menjamin, apa yang dirasakan masyarakat saat ini tak lagi terjadi. Kondisi air di depan anjungan pun lebih lebih jernih serta tidak berbau.

"Saya juga berpesan kepada pak wali, camat, dan lurah mohon sampah jangan sampai dibuang di kanal. Buanglah para tempatnya karena fungsi utama saluran ini untuk sirkulasi air laut," pintanya.

Nurdin menambahkan, setelah ini pihaknya akan berkomunikasi dengan Balai Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang. Utamanya untuk membuka akses Kanal Terusan Jongaya, agar sirkulasi air bisa lebih lancar.

Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengatakan, sirkulasi air pasti membutuhkan waktu. Apalagi, kata dia, pembukaan baru dilakukan kemarin. Air yang ada di Losari tak langsung terganti dengan air laut yang akan
masuk.

Kata Rudy, pekerjaan kanal sepanjang 530 meter ini hanya dilakukan selama sebulan. Selama pengerjaan ada total 40 ribu meter kubik tanah yang berhasil dipindahkan.

"Kita juga targetkan ini bisa menjadi pusat wisata baru. Makanya kami berharap, ini bisa dikembangkan menjadi pusat wisata baru. Selain itu kami meminta investor, untuk membangun tanggul mencegah tanah masuk," tambahnya.

Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas PUTR Sulsel, Haeruddin mengatakan, saat pasang, sirkulasi air masuk akan terjadi. Hal tersebut biasanya terjadi secara alami pada malam hari. Sementara, untuk air keluar akan terjadi saat laut surut.

"Kanal juga kita sudah antisipasi agar bisa menampung lebih besar. Makanya kedalamnya dari 3,5 sampai 5 meter. Kemudian lebar kanal 30 meter, sehingga bisa jadi akses bagi nelayan dari TPI Rajawali, tak perlu lagi lewat depan Losari," katanya. (ful/iad)

  • Bagikan