Bangun Bandara Lutim untuk Goda Investor, Perencanaan Sedot Rp900 Juta

Rabu, 13 Januari 2021 15:07

ILUSTRASI.

FAJAR.CO.ID, LUTIM — Kabupaten Luwu Timur (Lutim) tak lama lagi memiliki bandara komersil. Bandara ini akan dibangun di Kecamatan Angkona.

Lutim memiliki banyak potensi yang cukup menarik minta investor. Sayang, jaraktempuh perjalanan darat dari Makassar menuju Malili menghabiskan waktu 20 jam.Solusinya, membangun bandara untuk memangkas waktu tempuh.

Ketua Komisi III DPRD Luwu Timur, Badawi Alwi mengatakan, program pembangunan bandara tersebutsudah memasuki tahap perencanaan.Anggaran Rp900 juta sudah ditender.

Kadis Perhubungan LuwuTimur, Andi Makkaraka memaparkan,pembangunan bandara baru ini menjadi perhatian serius Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Awal pekan ini, Kemehubmelalui Dirjen Perhubungan Udara menggelar rapat secara virtual. Rapat tersebut melibatkan perwakilan PemprovSulsel yakni Dishub dan Bappeda. Serta perwakilan Pemkab Lutim, yaitu Dishub, PU,DLH, Camat Angkona, danBappeda.

Hadir pula Otoritas Bandar Udara Wilayah V Makassar dan Konsultan PT GlobalMadanindo. Pihak konsultan menerangkan, pembangunan bandara akan dilakukan tiga tahap.

Panjang landasan 3.000 meter dan jenis pesawat yang akan beroperasi yakni, pesawat ATR 72. Selain menyiapkan landasan, pihak konsultan juga membangun fasilitas darat. Mulai dari terminal penumpang, lahan parkir, hinggakantor administrasi dan taman. Termasuk menyiapkan fasilitas sisi udaranya. “Kitaberharap bandara ini sudah bisa beroperasi pada 2030 nanti,” ujar Andi Makaraka. (shd/yuk)

Komentar

VIDEO TERKINI