Musikalisasi Puisi Persembahan Napi, Eks Kalapas Watampone Sampai Teteskan Air Mata

Kamis, 14 Januari 2021 14:50

FAJAR.CO.ID, BONE — Momen Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Watampone begitu haru. Banyak napi yang meneteskan air mata. Bahkan pegawai Lapas sendiri.

Momen itu terjadi ketika para nara pidana (napi) naik ke atas panggung memberikan persembahan musikalisasi puisi. Ilo Ilham menyanyikan lagu Samson yang berjudul Perbedaan. Dia begitu menghayatinya. Kemudian masuk puisi perpisahan.

Dari jauh Lukman Amin tampak berulang kali menunduk. Mengusap air matanya. Dia tak kuasa membendung air mata itu. Begitupun istrinya.

Sang Napi, Ilo sapaan karibnya membuat semua pegawai juga menangis saat iya menyanyikan lagu Seberkas Sinar yang dipopulerkan oleh Nike Ardilla. Meski mereka memakai face shield matanya tidak bisa berbohong, apalagi raut wajahnya yang kemerah-merahan.

Lukman Amin saat ditanya terkait momen tadi kembali ia menarik nafas panjang baru bercerita. Terbata-bata. “Tidak bisa saya gambarkan. Saya sendiri menangis. Mungkin selama ini mereka dekat sama saya. Sama ibu,” akunya Kamis (14/1/2021).

Lukman menuturkan, mereka para napi itu segala keluh kesanya semua terbuka. Makanya juga dibantu betul. Jadi mereka menganggap bahwa orang di Lapas ini orang tuanya sendiri.

“Kita adakan pendekatan secara kekeluargaan. Saya tidak lihat kasusnya. Saya lihat manusianya. Bagaimana bisa membina kembali untuk mendapatkan jati dirinya. Jangan lihat kasian kasusnya. Dia adalah hamba allah,” bebernya.

Kata dia, karena mereka akan pulang dan kembali diharapkan ada perubahan selama pembinaan. Begitupun nanti di luar, masyarakat jangan selalu membuka apa yang dia pernah lakukan, tetapi berikanlah mereka pemahaman yang terbaik. “Karena perubahan itu tergantung pada kita,” sebutnya.

Sekadar diketahui Lukman Amin menjabat sebagai Kalapas Kelas II Watampone sejak 21 Januari 2017. Ia menjabat selama 3 tahun, 11 bulan dan 24 hari. Penggantinya adalah Sudirman Zainuddin yang pernah menjabat sebagai Kalapas Kelas IIA Palu. (agung/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI